PT LIB Akan Undang Seluruh Klub Liga 2, PSSI Gelar Rapat Exco Lagi

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 19 Januari 2023
PT LIB Akan Undang Seluruh Klub Liga 2, PSSI Gelar Rapat Exco Lagi
Liga 2 2022/2023. (LIB)

BolaSkor.com - PSSI akan menggelar rapat Komite Eksekutif (Exco) kembali untuk membicarakan soal Liga 2. PSSI lewat rapat Exco sebelumnya pada Kamis (12/1), memutuskan Liga 2 2022/2023 dihentikan.

Ada tiga faktor utama yang menyebabkan kompetisi kasta kedua di Tanah Air itu tidak bisa dilanjutkan seperti diutarakan Sekjen PSSI, Yunus Nusi. Yang pertama permintaan sebagian besar klub Liga 2, karena tidak ada kesesuaian konsep pelaksanaan lanjutan kompetisi antara klub dan operator serta pelaksanaan atau kelanjutan Liga 2 sangat sulit diselesaikan sebelum Piala Dunia U-20 2023 dimulai pada 20 Mei 2023.

Kedua rekomendasi dari tim transformasi sepak bola Indonesia seusai tragedi Kanjuruhan terkait sarana dan prasarana yang belum memenuhi syarat. Adapun ketiga yakni Perpol No.10 Tahun 2022 mengamanatkan proses perizinan yang baru dengan memperhatikan periode waktu pemberitahuan, pengajuan rekomendasi dan izin, hingga bantuan pengamanan.

Keputusan ini membuat Liga 1 tanpa degradasi. Rapat Exco juga memutuskan bahwa Liga 3 putaran Nasional 2022/2023 resmi dihentikan.

Baca Juga:

Arema FC Minta Maaf Setelah Liga 2 dan Liga 3 Dihentikan

Dua Petinggi Persib Tanggapi Keputusan PSSI Menghentikan Liga 2

Rencana rapat Exco keluar menyusul pertemuan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali dengan PSSI yang diwakili Sekjen Yunus Nusi di Gedung Kemenpora, Kamis (19/1). Pertemuan ini sebagai respons atas arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, untuk mencari jalan keluar atas persoalan penyelenggaraan Liga 2.

"Kami baru saja diskusi. Seperti yang saya sampaikan bahwa setelah melihat dinamika dan perkembangan kompetisi Liga 2, kemudian saya mendapat arahan dari pak Presiden untuk segera mencarikan jalan keluar. Karena kami (pemerintah) tidak punya kewenangan memutar kompetisi, itu ranah PSSI yang menugaskan operator, LIB," jelas Zainudin Amali.

Pertemuan juga dikuti Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus secara virtual. Amali juga menjelaskan bahwa PT LIB akan bertemu seluruh klub, baik yang mendukung dan menolak penghentian.

"Kesimpulannya pak Sekjen segera melapor ke Ketua Umum dan Exco untuk melakukan koordinasi. Kemudian LIB akan mengumpulkan seluruh klub Liga 2 untuk mendiskusikan, karena kenyataannya masih terbelah."

"Kemudian diskusikan menjadi kesimpulan bersama. Hasilnya akan dilaporkan lagi ke kami. Dan itu akan menjadi pegangan pemerintah. Sekali lagi pemerintah tidak mau intervensi, itu ranah federasi dan operator. Apa pun diputuskan, kami akan oke."

Sementara itu, Yunus Nusi mengaku akan segera melapor ke Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Exco. Itu sebelum rapat Exco diagendakan.

"Kami terima kasih ada progres positif dari diskusi tadi, yang Insya Allah hari ini saya laporkan ke Ketua Umum dan Exco tentang pelaksanaan kompetisi Liga 2. Mudah-mudahan jadi bagian yang positif untuk sepak bola Indonesia. Tentu seperti disampaikan, pak Ferry sebagai Dirut LIB akan konsolidasikan atau undang Liga 2."

PT Liga Indonesia Baru Liga 2 Pssi Zainudin Amali Menpora
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan