PT LIB Bergerak Cepat Usai Izin Liga 1 dan Liga 2 Keluar

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 01 Juni 2021
PT LIB Bergerak Cepat Usai Izin Liga 1 dan Liga 2 Keluar
Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

BolaSkor.com - PT Liga Indonesia Baru (LIB) langsung bergerak cepat usai Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengeluarkan izin kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2021. Rencananya, PT LIB akan merampungkan jadwal kompetisi hingga berkunjung ke daerah melakukan koordinasi dengan kepolisian dan pemerintah daerah setempat.

Polri akhirnya mengeluarkan secara resmi izin kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2021. Kepastian ini dilontrakan oleh Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo.

Pernyataan tersebut diungkapkan Kapolri saat memberikan surat rekomendasi keramaian Liga 1 dan Liga 2 2021 untuk PSSI, yang diberikan kepada Menteri Pemuda dan Olahaga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali di Mabes Polri, Jakarta, Senin (31/5).

"Jadwal itu juga untuk melengkapi permintaan dari Polri. Kami akan berkeliling. Namun untuk Liga 1, sepertinya akan dilakukan perklaster," kata Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, dikutip dari Antara.

Baca Juga:

Izin Liga 1 dan Liga 2 Keluar, Ketum PSSI: Terima Kasih Presiden Jokowi

Polri Keluarkan Izin untuk Liga 1 dan Liga 2 2021

Liga 1 2021 rencananya digelar pada 10 Juli mendatang hingga Maret 2022. Sedangkan Liga 2 2021 dimulai dua pekan setelah Liga 1 2021, dan berakhir bulan Desember mendatang.

Melalui persetujuan Kongres Tahunan PSSI, Liga 1 2021 akan digelar secara kompetisi penuh namun dengan sistem series. Ada enam series yang digelar di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Series 1 digelar di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Series 2 digelar di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Series 3 digelar di Jawa Timur.

Series 4 digelar di Jawa Timur. Series 5 digelar di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Series 6 digelar di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Nantinya, setiap tim tidak bermain di kandangnya. Misalnya, Persija Jakarta tidak bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) saat series 1 dan 6 di DKI Jakarta.

Sementara itu, Liga 2 2021 digelar dengan sistem home tournament semi bubble (double round robin). 24 tim dibagi menjadi empat grup babak penyisihan. Dua tim terbaik setiap grup melaju ke babak 8 besar dengan dibagi ke dalam dua grup (double round robin).

Empat tim terbaik dari dua grup melaju ke semifinal (single match). Dua tim terbaik melaju ke final (single match). Dua tim yang kalah di semifinal memperebutkan satu tiket promosi ke Liga 1 (single match).

PT LIB PT Liga Indonesia Baru Pssi Liga 2 Liga 1 Sudjarno Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.977

Bagikan