BolaSkor.com – Direktur interim PT Liga Indonesia Baru (LIB), Dirk Soplanit mengungkapkan bahwa akan membentuk badan independen pengelolaan wasit. Hal ini merupakan upaya PSSI memulihkan kepercayaan publik terhadap kompetisi sepak bola Indonesia.

Untuk Liga 1 musim 2019 mendatang, Dirk Soplanit menyebut wasit tidak lagi dikelola oleh PSSI dan LIB. Pengelolaan wasit bakal diepas ke badan organisasi independen yang sudah diputuskan pada rapat Exco PSSI.

“Jadi bentuk organisasi itu ada komisionernya dan ada pengelolanya. Komisionernya terdiri dari tiga orang, yaitu unsur wasit, PSSI dan saya lupa satu lagi karena ini masih tahapan pembicaraan. Dan untuk pengelola itu yang direncanakan dari tenaga asing,” ujar Dirk Soplanit.

Ia juga menambahkan bahwa badan independen itu tidak sama dengan Komite Wasit PSSI. Di Komite Wasit itu yang terdapat gonjang ganjing terjadinya pengaturan laga dan akhirnya mencoreng PSSI.

Baca Juga:

PT LIB Masih Belum Bisa Terapkan Lima Peraturan Baru di Liga 1 2019

Sponsor Utama Liga 1 2019 adalah Perusahaan E-Commerce

Untuk itulah, Dirk Soplanit sangat berharap kepada badan independen pengelolaan wasit bisa lebih dipercaya oleh publik dan memulihkan nama wasit. Terlebih pengelolanya tersebut akan dipegang oleh orang asing.

Konsekuensi dari adanya badan independen itu, PT LIB harus merogoh kocek lebih dalam untuk membayar tenaga asing. Akan tetapi, PT LIB belum bisa mengungkapkan tenaga asing yang akan jadi pengelola badan tersebut.

“Ini adalah upaya yang dilakukan, mudah-mudahan bisa terwujud. Pasti kami membayar mereka dengan biaya yang cukup mahal, tapi kami harapkan paling tidak ada tanggapan, jawaban dari PSSI dan Liga, inilah langkah yang bisa kami lakukan tahap demi tahap.

“Paling tidak ada langkah merespons masyarakat ke kami yang sebut wasit ini tidak benar, dipengaruhi ini itu jadi kami hilangkan semua dengan membentuk badan independen,”

“Jadi PSSI tidak punya peluang masuk di situ, Liga juga karena dikelola orang yang kita percaya punya independensi tinggi dan tidak bisa dipengaruhi oleh siapapun,” tutup pria yang juga menjabat Exco PSSI terserbut.