BolaSkor.com - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, mengatakan kemungkinan besar lanjutan Liga 2 2020 akan digelar sebagian di luar Pulau Jawa. Hal ini sesuai dengan format home tournament grup.

"Jadi ada grup yang bertanding di Pulau Jawa, ada yang di luar Jawa, bisa di Sumatera atau Kalimantan," ujar Akhmad Hadian, dikutip dari Antara.

Menurutnya, format ini lebih efekif dan sederhana, mengingat jumlah peserta Liga 2 2020 yang mencapai 24 klub. Liga 2 digelar dengan waktu hanya 45 hari.

"Persiapan Liga 2 saat ini sudah mulai mengerucut tetapi belum 'ketok palu'. Kami menunggu masukan lebih detail sehingga klub-klub siap bermain di tempat yang sudah ditentukan," tutur Akhmad.

Baca Juga:

PT LIB Belum Bisa Pastikan Kenaikan Subsisi Klub Liga 1 dan Liga 2

PT LIB Sebut Lanjutan Liga 1 dan Liga 2 Kemungkinan Besar Digelar Tanpa Penonton


Sebelumnya, PSSI menegeluarkan Surat Keputusan (SK) terbaru yang ditandatangani Iriawan dengan nomor SKEP/53/VI/2020. SK itu memutuskan lanjutan kompetisi digelar pada bulan Oktober mendatang.

Dalam SK juga tercantum beberapa rencana mengenai kontrak pemain, pelatih, dan staf klub. 50 persen untuk Liga 1 dan 60 persen atau minimal setara Upah Minimum Regional (UMR) untuk Liga 2.

Namun dalam SK tersebut belum mengatur jadwal kick-off, regulasi, hingga format kompetisi setelah berlanjut menghadapi situasi new normal pandemi Virus Corona (COVID-19).

Sebelum mengeluarkan SK, PSSI dan PT LIB sudah berencana lanjutan Liga 1 digelar berpusat di Pulau Jawa. Sedangkan Liga 2 diganti format menjadi home tournament dengan pembagian grup wilayah.