BolaSkor.com - PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan memundurkan kick-off Liga 2 2018. Semulai kick-off direncanakan 21 April 2018, namun diubah ke 23 April.

Partai antara Persis Solo kontra Semen Padang tetap menjadi pembuka. Laga dijadwalkan digelar di kandang Persis Solo, Stadion Manahan.

Menurut COO PT LIB, Tigorshalom Boboy, mundurnya kick-off tak lepas adanya pertandingan Liga 1 pada 21 April. Penayangan pertandingan pun bakal bentrok apabila kick-off tetap dilaksanakan di tanggal tersebut.

"Maka kami putuskan laga pembuka Liga 2 diundur dan dilaksanakan Senin (23/4)," jelas Tigorshalom Boboy.

"Tidak ada pertimbangan teknis secara spesifik soal laga pembuka yang mempertemukan Persis melawan Semen Padang. Persis punya pendukung yang fanatik dan stadion yang bagus. Sementara Semen Padang punya sejarah yang bagus di sepak bola Indonesia," tambahnya.

Mundurnya kick-off sudah dibahas dalam manager meeting peserta Liga 2 di Hotel Grand Kemang, Jakarta, Senin (16/4).

Sementara itu, Direktur Utama PT LIB, Berlinton Siahaan menjelaskan perihal subsidi untuk 24 klub peserta yang dibagi ke dalam dua grup, Barat dan Timur. Ia menjelaskan bahwa setiap klub mendapat subsidi sebesar Rp 1,250 miliar untuk menjalani babak grup.

Empat klub dari masing-masing grup yang lolos ke babak delapan besar akan mendapat suntikan dana lagi. Tiga dari delapan tim akan mendapat tiket promosi ke Liga 1.

"Setelah itu akan ada dana tambahan bagi klub yang masuk babak delapan besar. Bagi klub yang lolos pada babak tersebut, akan mendapatkan tambahan Rp 200 juta. Lalu, klub yang mengantongi gelar juara, nantinya akan mendapatkan uang hadiah Rp 1,5 miliar. Peringkat kedua Rp 1 miliar dan peringkat ketiga mengantongi Rp 500 juta," tambahnya dikutip dari laman LIB.

Sementara tiga klub peringkat terbawag dari masing-masing grup akan terdegradasi.