BolaSkor.com - PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) menginginkan Liga 1 2022/2023 kembali digelar dengan format kandang dan tandang. Selain itu, PT LIB juga mengupayakan penonton sudah bisa hadir langsung ke stadion untuk mendukung timnya.

Namun, khusus untuk penonton ini, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Yaitu, calon penonton sudah harus divaksinasi dosis ketiga atau booster.

"Regulasi tak berubah banyak, tapi mungkin akan berubah home and away," kata Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita.

"Kami juga akan usul ke pemerintah supaya penonton bisa 100 persen dengan berbagai ketentuan seperti vaksin booster dan itu wajib," tutur Lukita menambahkan.

Pada Liga 1 2021/2022, PSSI dan PT LIB memang melakukan sejumlah penyesuaian. Selain pertandingan digelar tanpa penonton, format pertandingan berubah dari tandang-kandang ke sistem series yang digelar secara terpusat di sejumlah tempat.

PT LIB sempat melakukan uji coba kehadiran penonton saat babak 8 besar Liga 2 2021. Uji coba itu dinilai berhasil dan ingin dilanjutkan LIB di kompetisi musim depan.

Baca Juga:

PT LIB Sudah Gelar Raker, Kebut Persiapan Liga 1 dan Liga 2 Musim Depan

PSSI : Liga 1 2022/2023 Mulai 27 Juli

Namun, jika di Liga 2 itu LIB yang bertindak langsung sebagai panpel pertandingan, nantinya panpel akan kembali diserahkan ke klubnya masing-masing.

"Tapi kami punya syarat," ujar Lukita.

Syarat yang dimaksud LIB adalah kesiapan panpel tuan rumah dalam mendistribusikan tiket melalui aplikasi yang dikelola LIB, yaitu Liga Super App.

"Karena harapannya tidak ada lagi tiket fisik," ucap Lukita.