BolaSkor.com - Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno mengungkapkan saat ini pihaknya dan PSSI sedang mencari sponsor baru untuk kompetisi Liga 1 2021/2022. Bahkan, ia mengaku akan ada perubahan title pada Liga 1 2021/2022 nanti.

Sebelumnya sejak 2018 lalu, sponsor utama dari Liga 1 adalah Shopee. Namun, nampaknya untuk tahun ini, Shopee tidak lagi menjadi bagian dari Liga 1. Maka dari itu, PT LIB dan PSSI sekarang sedang mencari sponsor baru.

"Kelihatannya sedikit berubah ya (sponsor utama). Ya nanti kita lihat aja tittle-nya seperti apa untuk kompetisi Liga 1 2021 mendatang. Kalau untuk sponsor nanti biar PSSI yang umumkan," kata Sudjarno kepada awak media.

Baca Juga:

Liga 1 2021/2022 Dipastikan Tak Ada Penonton Sepanjang Musim

Jadwal Liga 1 Sudah Disirkuler, Persija Vs PSS Laga Pembuka

"Insya Allah mudah-mudahan ya dalam waktu dekat ini bisa diumumkan oleh PSSI masalah sponsor ini. Yang jelas bukan perusahaan minuman ya," tambah pria yang pernah menjabat sebagai Kapolda Lampung tersebut.

Meski begitu, mantan Kapolda Lampung ini berharap sponsor lama tidak hilang dan tetap mendukung Liga 1. Meskipun nantinya tidak menjadi sponsor utama.

Lebih lanjut, Sudjarno juga menjelaskan terkait dengan hak komersial untuk tim yang akan berlaga di Liga 1 2021 mendatang. Salah satunya mereka akan dapat transportasi dan hak komersial lainnya seperti pada Piala Menpora 2021 lalu.

"Kita sampaikan ke klub, hak dan kewajiban bahwa hak klub mendapatkan hotel transportasi subsidi, swab antigen, hak komersial," ujar Sudjarno.

"Kewajiban jaga prokes, lapangan latihan tidak kami siapkan. Piala menpora juga kita tidak siapkan lapangan latihan. Di masa recovery day antar laga, bukan antarseri, kita tak siapkan lapangan latihan."

"Dari situ kita sudah berikan subsidi kepada klub. Subsidi ada, swab antigen, hak lain-lain termasuk komersial," pungkas Sudjarno.

Liga 1 2021/2022 akan berlangsung pada 10 Juli mendatang. Liga 1 akan digelar secara kompetisi penuh namun dengan sistem series. Ada enam series yang digelar di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Seri 1 digelar di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Seri 2 digelar di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Seri 3 digelar di Jawa Timur.

Seri 4 digelar di Jawa Timur. Seri 5 digelar di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Seri 6 digelar di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Nantinya, setiap tim tidak bermain di kandangnya. Misalnya, Persija Jakarta tidak bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) saat series 1 dan 6 di DKI Jakarta.