BolaSkor.com - PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) saat ini sedang membahas aturan baru yang akan dilakukan pada lanjutan Liga 1 2020. Salah satu aturan baru yang sedang dibahas adalah tim akan kalah jika pertandingan dihadiri oleh suporter.

Rencana pemberlakukan aturan ini diketahui dari ucapan Komisaris Persib Bandung, Umuh Muchtar. Ia menjalaskan Persib bisa dijatuhkan hukuman kalah, jika ada penonton yang hadir ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) ketika Persib bermain.

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, memang membenarkan terkait dengan usulan aturan tersebut. Namun sampai dengan saat ini, peraturan tersebut masih belum bisa disahkan oleh PSSI karena masih meninjau beberapa hal lain.

Baca Juga:

Regulasi Pemain Cadangan pada Lanjutan Liga 1 2020 Alami Perubahan

Hasil Managers Meeting: PT LIB dengan 18 Klub Sepakat dalam Semua Hal Lanjutan Liga 1 2020

"Memang usulan ini baru ada saat managers meeting kemarin, tapi sudah menjadi catatan PSSI untuk menjadikannya sebagai regulasi dan masih sedang dipelajari oleh PSSI." kata Akhmad Hadian Lukita saat dihubungi oleh BolaSkor.com, Rabu (23/9).

"Kalau masalah kapan aturan tersebut akan disahkan, saat ini kami masih menunggu hasil rapat PSSI," ujarnya pria berusia 55 tahun tersebut.

Peraturan ini memang belum jelas mekanismenya seperti apa. Padahal belum tentu suporter tuan rumah yang hadir pada pertandingan adalah suporter tuan rumah, bisa saja suporter tim tamu yang nekat hadir.

"Misal Persib main dengan Malang (Arema FC) atau (Persela) Lamongan. Persib tuan rumah, tapi di luar ada kerumunan, itu nanti ditegur," kata Umuh Muchtar kepada wartawan.

"Dan walau pun kami (Persib) menang, nanti kami dianggap kalah. Misal, Persib menang 2-1, nanti skornya dibalik. Kalau draw, nanti tim dianggap kalah 0-1," ujarnya menambahkan.