BolaSkor.com - PT Liga Indonesia Baru (LIB) berharap sepak bola menjadi salah cabang olahraga yang dapat vaksin prioritas dari Pemerintah Republik Indonesia. Namun untuk sementara ini, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) masih memprioritaskan 17 cabang olahraga.

Ke-17 cabor (Cabang Olahraga) itu adalah angkat besi (PABSI), Tenis (PELTI), Catur (PERCASI), Pencak Silat (IPSI), Senam (PERSANI), karate (FORKI), panahan (PERPANI), taekwondo (TI), Renang (PRSI), bulutangkis (PBSI), Voli (PBVSI), Boling (PBI), selancar ombak (PSOI), wushu (PBWI), menembak (PERBAKIN), dayung (PODSI), dan judo (PJSI).

Tidak hanya itu saja, Kemenpora juga memprioritaskan vaksin ini kepada National Paralympic Committee (NPC) juga mendapat prioritas. Totalnya ada 1.500 atlet, pelatih, dan tenaga pendukung yang mendapat prioritas dari Kemenpora.

Baca Juga:

Pertemuan PT LIB dengan Klub Liga 1 dan Liga 2 Dipercepat

PSSI dan PT LIB Gelar Pertemuan soal Nasib Liga 1, Ini Hasilnya


Jika melihat dari daftar yang diberikan oleh Kemenpora, tidak ada cabor sepak bola. Meski begitu, Direktur PT LIB, Akhmad Hadian Lukita mengaku siap untuk membiayai seluruh vaksinasi untuk kontestan klub di Liga 1 dan Liga 2.

"Saya belum melihat profesi di luar Nakes (Tenaga Kesehatan) dan TNI/Polri untuk mendapat vaksin. Dalam waktu dekat kalau tidak salah PSSI akan melakukan pendekatan ke Kemenkes," kata Akhmad Hadian ketika dihubungi oleh awak media.

"Harapan saya vaksin bisa juga diprioritaskan untuk kompetisi olahraga, khususnya sepak bola. Kalau bisa dapat tapi secara komersial pun, LIB siap," ujarnya menambahkan.

"Saya ingin sepak bola mendapat vaksin secepatnya, bagaimanapun caranya. Harus diusahakan sekuat tenaga. Kami pun akan segera berkoordinasi dengan PSSI," tutur Lukita.

Seperti diketahui, Indonesia sudah memulai vaksinasi dengan Presiden RI Joko Widodo menjadi yang pertama mendapatkannya, Rabu (13/1). Vaksin sendiri sudah diprogramkan pemerintah untuk diberikan secara gratis untuk semua Warga Negara Indonesia.