BolaSkor.comPT Liga Indonesia Baru (LIB) mamastikan pertandingan antara Persija Jakarta menghadapi Persebaya Surabaya yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (7/3) tidak bisa dihadiri oleh suporter Bonek.

Kebijakan itu dibuat PT LIB lewat surat edaran yang ditandatangani langsung oleh Direktur Utama PT LIB, Cucu Somantri dengan nomor 124/LIB-KOM/III/2020.

Pada surat tersebut, PT LIB mengimbau Bonek tidak datang ke Jakarta. Surat dari PT LIB ini merupakan bentuk respons dari pihak Persija yang meminta agar Bonek tidak hadir pada laga tersebut.

Baca Juga:

Indonesia Positif Virus Corona, PT LIB Siap Gelar Pertandingan Liga 1 Tanpa Penonton jika Diminta Pemerintah

Persebaya Surabaya 1-1 Persik Kediri: Berbagi Angka di Laga Pembuka

"Bersama dengan ini, PT LIB menyampaikan terkait status suporter Persebaya atau yang dikenal dengan ‘Bonek’ diimbau untuk tidak hadir pada pertandingan Liga 1 2020 antara Persija vs Persebaya tanggal 7 Maret 2020," bunyi penggalan imbauan surat dari PT LIB itu.

Cucu dan ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan beberapa waktu lalu sebetulnya menginginkan Bonek bisa hadir pada pertandingan tersebut. Tapi karena izin keamanan, PT LIB memutuskan agar Bonek tidak datang.

Keputusan ini tidak aneh. Sebelumnya pada final Piala Gubernur Jawa Timur 2020 lalu, suporter Persija, The Jakmania juga tidak diperbolehkan hadir karena hubungan dua suporter yang dibilang kurang baik.

Sebelumnya, Bonek memang tidak boleh hadir setiap laga Persija melawan Persebaya di Jakarta. Begitu pula sebaliknya, The Jakmania pun dilarang hadir ketika Persija melakoni laga di Surabaya, semua demi alasan keamanan.