BolaSkor.com - Finlandia memang menelan kekalahan dari Italia pada laga Grup J Kualifikasi Piala Eropa 2020, Senin (9/9) WIB. Tapi peluang mereka untuk lolos ke putaran final masih sangat terbuka.

Finlandia saat ini ada di peringkat kedua klasemen Grup J di bawah Italia. Mereka mampu meraih 12 poin dari enam laga yang sudah dijalani, buah dari empat kemenangan beruntun yang mereka raih. Sedangkan dua kekalahan yang mereka dapatkan datang dari lawan yang sama, Italia.

Baca Juga:

Profil 3 Klub Promosi Premier League 2019-2020

Mengulas Ketajaman Kompatriot Striker PSM Makassar, Teemu Pukki di Premier League

"Why not us?" atau "Mengapa bukan kami?" menjadi kalimat yang acap diucapkan suporter Finladia dalam beberapa tahun terakhir. Wajar, pasalnya selama ini mereka selalu hanya bisa menyaksikan negara-negara Nordik lain tampil di Piala Eropa ataupun Piala Dunia.

Publik Finlandia hanya jadi penonton saat Denmark secara mengejutkan menjadi kampiun Piala Eropa 1992. Begitu pula saat Swedia finis di peringkat ketiga Piala Dunia 1994. Mereka juga hanya bisa iri melihat fenomena Islandia di Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018.

Sepanjang sejarah, Finlandia memang belum pernah mengecap tampil di Piala Eropa dan Piala Dunia. Mereka hanya bisa nyaris lolos ke Piala Eropa 2008. Kala itu Finlandia yang dibesut Roy Hodgson harus gigit jari karena kuran tiga poin untuk meraih tiket.

Saat ini, selain Teemu Pukki yang melejit di Premier League, Finlandia tak diperkuat pemain tenar. Memang mereka memiliki Paulus Arajuuri dan Joona Toivo, duet bek tangguh yang menjadikan pertahanan Finlandia sulit ditembus. Namun di luar itu Finlandia bisa dikatakan diperkuat para pemain level B.

Meski demikian, tim ini digadang-gadang merupakan generasi terbaik Finlandia, bahkan lebih baik daripada era Jari Litmanen, Teemu Tainio, Sami Hyypia, atau Mikael Forssell.

Sentuhan Kanerva