Pulau Kalimantan Akan Punya Wakil di IBL Musim Depan, Bumi Borneo

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 10 September 2021
Pulau Kalimantan Akan Punya Wakil di IBL Musim Depan, Bumi Borneo
Presiden Bumi Borneo Basketball, Yansen Kamto. (Istimewa)

BolaSkor.com - Dalam sejarah dunia basket Tanah Air, banyak pebasket andal Indonesia yang berasal dari Pulau Kalimantan. Sebut saja, Nano Sukarma, Ronny Gunawan, Rivaldo Tandra hingga pebasket yang saat ini aktif di Indonesian Basketball League (IBL) seperti Hardianus dan Abraham Wenas.

Meski begitu, klub bola basket dari Pulau Kalimantan belum eksis di kancah IBL. Kini, Pulau Kalimantan mempunyai klub basket yang akan berkiprah di IBL 2022, yakni Bumi Borneo Basketball.

Target dari Bumi Borneo Basketball tentu mengedepankan pembibitan pemain muda asal Kalimantan. Ini selain berkiprah di IBL.

"Misi besar kami adalah menimbulkan antusiasme olahraga bola basket di Kalimantan, khususnya Pontianak, sehingga akan muncul talenta-talenta baru yang akan menjadi tulang punggung timnas basket Indonesia pada masa mendatang,” tutur Presiden Bumi Borneo Basketball, Yansen Kamto, dalam rilisnya yang diterima BolaSkor.com.

“Selama ini, klub bola basket identik dengan kota-kota besar di Pulau Jawa. Karena itulah, Bumi Borneo ingin menciptakan ekosistem basket di Kalimantan agar gairah olahraga ini kian menyebar karena banyak anak muda di Kalimantan yang cinta, antusias, dan punya talenta tetapi tidak tahu harus disalurkan ke mana."

“Ketertarikan sejumlah pemain berpengalaman itu tentu semakin menerbitkan optimisme saya dalam menjalankan klub ini. Kemampuan dan pengalaman mereka, dipadukan dengan semangat putra asli Kalimantan, tentu akan menjadi kombinasi luar biasa,” lanjut Yansen Kamto.

Baca Juga:

Timnas 3x3 Indonesia Pulang dengan Kepala Tegak

Brandon Jawato Memulai Petualangan Baru di Jepang

Antusiasme lahirnya Bumi Borneo disambut oleh Rivaldo Tandra Pangesthio. Kehadiran Bumi Borneo bisa menjadi wadah bagi para pemain asal Kalimantan, khususnya Kalimantan Barat, untuk bermain di level yang lebih tinggi.

“Pontianak (dan Kalbar secara keseluruhan) selama ini kekurangan wadah. Setelah SMA atau setelah kuliah, ya sudah enggak main basket lagi,” kata Rivaldo Tandra.

“Dengan adanya Bumi Borneo, maka basket di Pontianak jadi ada jenjang. Ada klub asal Kalimantan Barat yang berpartisipasi dan ini bagus untuk perkembangan basket di Kalbar,” tuturnya.

Rivaldo pun berharap, kehadiran Bumi Borneo semakin membuat para orang tua di Pontianak mendukung anaknya bermain basket.

“Selama ini anak daerah mungkin kesempatannya lebih sedikit. Jika nantinya Bumi Borneo dipastikan jadi salah satu peserta IBL, ya persiapkan diri baik-baik,” ucapnya.

Bumi Borneo akan fokus mencari bibit-bibit baru pemain basket dari Kalimantan. Mereka akan melakukan blusukan ke sejumlah sekolah dan klub amatir di Kalimantan untuk melakukan pencarian bakat.

"Kami ingin Bumi Borneo menjadi kebanggaan Kalimantan sehingga bisa menjadi wajah Kalimantan di pentas basket nasional," kata Yansen.

"Fokus utama kami saat ini adalah menerbitkan gairah basket di Kalimantan. Segala sesuatu ada prosesnya, termasuk dalam pembentukan tim ini. Saya orang yang percaya bahwa proses tidak akan mengkhianati hasil," tambahnya.

IBL Bumi Borneo Basketball Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.977

Bagikan