BolaSkor.com - Direktur balap Ducati, Paolo Ciabattimengaku menyesal memiliki banyak tim. Menurut Ciabatti, sangat tidak ideal memiliki banyak tim.

Hingga saat ini, Ducati menjadi satu-satunya tim yang memiliki skuad terbanyak. Tercatat tim asal Borgo Panigale, Italia itu mempunyai total empat tim.

Rinciannya satu tim pabrikan (Ducati Lenovo) dan tiga tim satelit (Gresini Racing, Mooney VR46, dan Pramac Racing). Dengan demikian Ducati memiliki total delapan pembalap.

Namun kondisi ini tidak membuat Ducati senang. Sebaliknya mereka merasa terbebani dengan memiliki skuad banyak dalam ajang balap motor kasta tertinggi ini.

“Saya mengerti bermain dengan empat tim merupakan situasi tidak ideal dalam jangka waktu panjang. Di sisi lain Suzuki tidak memiliki rencana mempunyai tim satelit ketika kami menjalin kerjasama dengan VR46 dan Gresini, di waktu bersamaan kondisi semakin buruk, mereka justru hengkang sebagai tim pabrikan,” kata Ciabatti, dikutip dari crash.net.

“Aprilia juga tidak terlalu menarik beberapa tahun lalu ketika kita bersama Gresini Racing. Jadi kita menjalin kesepakatan selama dua tahun. Saya tidak mau berkata apa pun tentang Yamaha. Mereka sempat memiliki tim satelit dan sekarang hilang,” tambahnya.

Kendati demikian, Ciabatti tidak dapat melakukan apa-apa. Setiap tim memiliki kebebasan untuk memilih pabrikan. Terlebih lagi beberapa tim seperti Mooney VR46 telah menjalin kesepakatan kontrak dalam jangka waktu panjang, sehingga tidak bisa dibatalkan begitu saja.

“Kita memiliki kontrak dan obligasi dengan VR46 dan kontrak ini akan berjalan hingga akhir 2024. Saya tidak bisa memprediksi apa yang terjadi setelah itu, semua opsi terbuka,” pungkasnya.

Penulis: Bintang Rahmat