BolaSkor.com - Menilik banyaknya pemain-pemain atau figur Skotlandia yang berkarier di Inggris sedianya sudah tidak aneh lagi. Selain tata geografis kedua negara yang berdekatan, figur-figur sepak bola Skotlandia juga punya sejarah kesuksesan di Inggris.

Sir Alex Ferguson dan Sir Kenny Dalglish jadi dua contoh figur-figur dari Skotlandia yang menorehkan tinta emas dalam sejarah sepak bola figur. Tradisi itu berlanjut sampai musim ini dan bisa dilihat dari juara baru Premier League: Liverpool.

The Reds menjuarai titel liga setelah 30 tahun lamanya dan menentukannya di sisa tujuh laga terakhir. Itu menjadikan tim arahan Jurgen Klopp sebagai tim tercepat yang mengunci titel Premier League melalui catatan Everton dan Manchester United.

Baca Juga:

Liverpool Juara, Setelah 30 Tahun dan Rp26 Triliun Kemudian

Jurgen Klopp dan 10 Manajer Berbeda yang Memenangi Premier League

Liverpool Juara Premier League, Kenny Dalglish Ungkap Pesan dari Sir Alex Ferguson

Klopp membutuhkan lima tahun proses untuk membangun tim yang kuat. Carlo Ancelotti, manajer Everton mengatakan Klopp telah membangun 'mesin yang sempurna'. Seluruh pemain memiliki kontribusi penting di dalamnya.

Dalam skuat terkini juga ada pemain asal Skotlandia yang ambil bagian penting, yakni Andrew "Andy" Robertson. Diboyong dari Hull City pada 2017 Robertson (26 tahun) langsung mengunci posisi bek kiri Liverpool.

Robertson punya julukan Robo karena dia bagaikan mesin yang tidak mengenal lelah kala menyisir sisi sayap kiri Liverpool. Kuat dalam bertahan dan juga aktif kala menyerang.

Robertson bukan satu-satunya nama dari Skotlandia yang sukses meraih titel liga di Liverpool. Berikut BolaSkor.com menjabarkan ketiga nama lainnya.

1. Alan Hansen

Alan Hansen

Dibeli dari Partick Thistle pada 1977 sebesar 100.000 poundsterling, Alan Hansen terbukti menjadi pembelian terbaik Liverpool dan ia bertahan di sana sampai pensiun di tahun 1991. Hansen jadi kapten Liverpool kala menjuarai titel liga pada 1990.

Memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat, Alan Hansen juga punya kemampuan bertahan yang baik serta kelebihan membangun serangan dari belakang. Hansen disegani oleh kawan dan lawan dengan sosoknya yang tak kenal rasa takut.

Bersama Liverpool dia memenangi delapan titel liga, dua Piala FA, empat Piala Liga, dan tiga Liga Champions. Legenda sejati bagi Liverpool.

2. Tommy Lawrence

Tommy Lawrence

Sudah ada di akademi Liverpool sejak usia 17 tahun namun harus menanti selama lima tahun sebelum memainkan debut di tim utama. Kesabaran itu membuahkan hasil. Tommy Lawrence jadi pemain kunci di era kesuksesan Bill Shankly di Liverpool.

Sedekade lebih bermain di Liverpool (1957-1971), Lawrence memainkan 390 laga termasuk seluruh laga kala Liverpool memenangi titel pada musim 1965-66.

Tommy Lawrence punya julukan Flying Pig yang artinya Babi Terbang. Babi karena bobotnya yang berat untuk ukuran kiper namun dia juga punya kecepatan dan refleks bagus hingga seolah dia 'terbang'.

3. Kenny Dalglish

Kenny Dalglish

Rasanya tidak perlu terlalu mendetail menjabarkan sosok yang satu ini. Legenda ketika bermain sebagai striker (1977-1990) dan juga sebagai manajer klub di periode pertama (1985-1991). Kenny Dalglish menjadi pemain-manajer di Liverpool.

Julukan King Kenny tidak salah disematkan kepadanya dari Liverpool. Dia tampil di 500 laga mencetak 169 gol memenangi enam titel liga dan tiga Liga Champions.

4. Steve Nicol

Steve Nicol

Dewasa ini lebih sering terlihat sebagai pandit sepak bola Inggris. Di masa lalu Steve Nicol adalah bek serba bisa terbaik yang dimiliki Liverpool. Dia bisa jadi full-back atau bek tengah bahkan hingga gelandang sayap kanan.

Steve Nicol membela Liverpool dari 1981 hingga 1994 dan memainkan 300 laga lebih di sana. Nicol memenangi empat titel liga, tiga Piala FA, dan satu Piala Super Eropa bersama Liverpool.