BolaSkor.com - FC Barcelona akan bertanding melawan Athletic Bilbao di final Piala Super Spanyol yang dihelat di Estadio de La Cartuja, Senin (18/01) pukul 03.00 dini hari WIB. Pelatih Bilbao Marcelino Garcia Toral layak diwaspadai oleh Barcelona.

Piala Super Spanyol bisa jadi kans besar Ronald Koeman mempersembahkan titel pertama untuk Barca. Blaugrana pun punya catatan dan pengalaman bagus sebagai raja Piala Super Spanyol yang sudah memenanginya 13 kali.

Akan tapi Bilbao di bawah arahan Marcelino punya potensi besar tampil mengejutkan. Tanpa adanya bintang-bintang yang menonjol dalam skuad Bilbao seperti Barcelona dengan Lionel Messi, klub asal Basque itu menonjolkan kerja keras dan kolektivitas bermain.

Gaya permainan itu identik dengan filosofi Marcelino yang jago memaksimalkan kemampuan skuadnya. Dalam perjalanan Bilbao ke final mereka menyingkirkan favorit juara lainnya, Real Madrid di semifinal dengan skor 2-1.

Baca Juga:

Prediksi Final Piala Super Spanyol: Pengalaman Barcelona Diuji Kolektivitas Bilbao

Informasi Seputar Final Piala Super Spanyol 2021

Piala Super Spanyol: Lewat Adu Penalti, Barcelona Melaju ke Final

Marcelino Garcia Toral

Kemenangan itu semakin mempertegas status Marcelino sebagai pembunuh raksasa. Mantan pelatih Sevilla, Villarreal, dan Valencia berusia 55 tahun sudah empat kali mengalahkan Real Madrid - dua bersama Bilbao.

Bahkan salah satu kemenangan itu diraih bukan bersama tim-tim kuat seperti yang pernah dilatihnya tersebut atau tim saat ini. Kemenangan itu datang pada 2006 di Santiago Bernabeu dan Marcelino mengantarkan Recreativo Huelva menang dengan skor telak 3-0.

Marcelino baru ditunjuk melatih Bilbao pada 2021 dan ia sudah memperlihatkan kemampuannya. Satu hal lain yang patut diwaspadai Barca dari Marcelino adalah fakta pada 2019 lalu, Marcelino membawa Valencia juara Copa del Rey mengalahkan Barcelona sebelum dipecat.

"Akan jadi perasaan yang sungguh luar biasa jika bisa memenangkan gelar ini (Piala Super Spanyol)," kata Marcelino sebagaimana dilansir dari Daily Mail.

"Saatnya untuk pulih dan kemudian pergi dengan keyakinan maksimal, hasil ini akan meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri para pemain dan penampilan yang semakin baik."

Di kala penampilan Barca belum meyakinkan dengan Ronald Koeman mereka selayaknya mewaspadai Bilbao, khususnya kecepatan dari Inaki Williams, serangan sayap, hingga pengalaman pemain seperti Iker Muniain dan Inigo Martinez.