Putaran Empat Piala FA: Dua Tim Kecil Singkirkan Everton dan West Ham United

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 27 Januari 2019
Putaran Empat Piala FA: Dua Tim Kecil Singkirkan Everton dan West Ham United
Wimbledon menang 4-2 atas West Ham United (Foto: @BBCSport)

BolaSkor.com - Fenomena bernama giant killing (pembunuh raksasa) ternyata masih ada di turnamen tertua di Inggris, Piala FA. Everton dan West Ham United, yang notabene dua klub papan tengah Premier League, merasakan pahitnya disingkirkan tim-tim kecil dari divisi bawah sepak bola Inggris.

Diawali pada laga yang berlangsung di Kingsmeadow, markas AFC Wimbledon, Minggu (27/1) dini hari WIB. Secara mengejutkan tim penghuni League One - divisi tiga dalam kasta sepak bola Inggris, mengalahkan West Ham dengan skor 4-2.

Empat gol Wimbledon diciptakan Kwesi Appiah, dua gol Scott Wagstaff, dan Toby Sibbick, yang diperkecil gol Lucas Perez dan Felipe Anderson. Penampilan heroik skuat asuhan Wally Dones itu menjadi topik pembicaraan hangat di Inggris.

Wimbledon saat ini berada di dasar klasemen League One, terpaut delapan poin dari zona aman, dan hanya memiliki stadion berkapasitas 4.850 penonton. Mereka mengalahkan The Hammers arahan Manuel Pellegrini yang bisa dikatakan bertabur bintang dengan nama-nama beken seperti Andy Carroll, Javier Hernandez, Lucas Perez, Felipe Anderson, Michail Antonio.

Baca Juga:

Arsenal 1-3 Man United: Red Devils Singkirkan The Gunners di Putaran Empat Piala FA

Petarung Ikonik UFC Turut Kagum dengan Sentuhan Ajaib Solskjaer di Manchester United

Dampak Positif Tersingkirnya Liverpool dari Piala FA

West Ham kalah dari Wimbledon (Foto: @Dailymail)

Skuat yang diturunkan Pellegrini pun sedianya cukup kuat - di atas kertas - untuk mengalahkan Wimbledon, meski mengistirahatkan beberapa nama layaknya Samir Nasri, Pablo Zabaleta, Aaron Cresswell, dan Lukasz Fabianski.

"West Ham telah kebobolan empat gol di satu laga Piala FA melawan tim dari divisi tiga atau divisi bawah untuk kali pertama sejak Januari 1936, ketika mereka kalah 0-4 dari Luton Town. Syok," tutur @OptaJoe.

Akan tapi, itulah magis dari Piala FA. Publik di sana sudah terbiasa melihat fenomena tim kecil mengalahkan tim raksasa. Hasil serupa juga diraih oleh Millwall yang mengalahkan Everton dengan skor 3-2 di The Den.

Kalah penguasaan bola 35 berbanding 65 persen Everton, Millwall dua kali menyamakan kedudukan setelah tertinggal melalui gol Richarlison dan Cenk Tosun. Lee Gregory, Jake Cooper, dan Murray Wallace menjadi pencetak gol Millwall di pertandingan tersebut.

Millwall menang 3-2 atas Everton

"Millwall merupakan tim pertama dari luar divisi tertinggi yang memenangi lima laga beruntun di laga kandang Piala FA, saat melawan tim tertinggi sejak West Ham di antara tahun 1958 dan 1991. Giant killing," tulis @OptaJoe.

Terlepas dari hasil-hasil tersebut, tim besar seperti Manchester City tetap melaju ke putaran lima Piala FA dengan mengalahkan Burnley melalui skor telak 5-0.

Berikut hasil sementara putaran empat Piala FA:
Bristol City 2-1 Bolton Wanderers
Arsenal 1-3 Manchester United
Stanley 0-1 Derby County
Shrewsbury 2-2 Wolves
Middlesbrough 1-1 Newport County
Swansea 4-1 Gillingham
Newcastle 0-2 Watford
Brighton 0-0 West Brom
Doncaster 2-1 Oldham
Man City 5-0 Burnley
Portsmouth 1-1 QPR
Millwall 3-2 Everton
Wimbledon 4-2 West Ham
Crystal Palace vs Tottenham (27/1) pukul 23.00 WIB
Chelsea vs Sheffield Wednesday (28/1) pukul 01.00 WIB
Barnet vs Brentford (29/1) pukul 02.45 WIB

Breaking News Piala FA West ham united Everton Manchester City Manchester United Wimbledon
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.135

Bagikan