BolaSkor.com - Prestasi membanggakan berhasil ditorehkan putra Indonesia, Sekton Wandikbo, pada ajang American Football kelompok pelajar SMA, Class D North Championship Little Ten Conference. Sekton masuk tim terbaik sebagai linebacker.

Sekton sebelumnya tak pernah tahu apa itu American Football. Perkenalannya dengan olahraga yang membutuhkan ketahanan fisik ini juga secara tak sengaja.

Adalah pelatih Foxcroft Academy, Daniel White, yang menawati Sekton bermain American Football. Kala itu, Sekton lebih banyak bermain basket.

"Suatu hari, seorang asisten pelatih yang juga guru Sekton (Ryan Dankert) mengampirinya ketika ia sedang bermain bola basket. Kepada Sekton, Dankert mengatakan, "Kenapa kamu tidak mencoba American Football?". Dan, itulah awal ia mulai bermain American Football," ujar Daniel.

Baca Juga:

Hasil NBA: Tanpa LeBron James dan Rajon Rondo, Lakers Takluk

NBA Bukan Liga Basket Terbaik di Dunia

"Sekton adalah atlet yang bagus, tetapi tidak mengetahui American Football. Ia tak pernah memainkan American Football dan hanya menyaksikan permainan itu dari televisi. Ia mulai dari level junior dan cepat belajar," sambungnya.

Keberhasilan Sekton menjadi linebacket terbaik liga mendapat acungan jempol dari White. Tak banyak atlet non Amerika Serikat yang bisa sukses seperti Sekton.

"Ini luar biasa. Saya menjadi pelatih kepala selama sepuluh tahun dan sangat sedikit pelajar dari Program Residential bermain American Football. Ada satu orang asing yang bermain American Football, tetapi jelas level permainannya di bawah Sekton. Sekton adalah salah satu pemain terbaik yang kami miliki," tutur White.

Sekton merupakan pemuda asal Papua yang mendapat beasiswa belajar ke Amerika Serikat. Sudah tiga tahun Sekton menimba ilmu di Negeri Paman Sam.

"Rencana saya itu sekolah di sini, tetapi kemudian saya dikenalkan dengan olahraga sepak bola Amerika ini dan kemudian jatuh cinta. Saya belum tahu olahraga ini sebelumnya di Papua. Awal-awal saya belajar olahraga ini, tantangannya adalah saya harus belajar dari awal mengenai cara bermain, aturan, dan sebagainya lewat YouTube," tutur Sekton.