BolaSkor.com - Barcelona akhirnya mengamini permintaan sebagian suporternya untuk mendepak Ernesto Valverde dari kursi pelatih. Namun, pilihan Barca dalam mencari pengganti juga menimbulkan kekhawatiran. El Barca menunjuk pelatih yang belum pernah meraih gelar, Quique Setien.

Pengetahuan Quique Setien soal sepak bola Spanyol sudah tidak perlu diraguan. Ketika masih aktif sebagai pemain, ia pernah membela sejumlah klub Spanyol seperti Racing Santander, Atletico Madrid, CD Logrones, dan Levante.

Baca juga:

Pecat Ernesto Valverde, Barcelona Tunjuk Eks Pelatih Real Betis

Quique Setien Sudah Lama Kagumi Lionel Messi

Quique Setien
Quique Setien

Sejauh ini, karier manajerial Setien juga sangat erat kaitannya dengan klub asal Spanyol. Racing Santander, Poli Ejido, Las Palmas, Lugo, Logrones, dan Real Betis adalah deretan klub Spanyol yang pernah ditukangi. Setien baru satu kali menjadi pelatih di luar Spanyol yakni ketika menukangi Guinea pada 2006.

Dari barisan klub tersebut, nama Setien mulai diperhitungkan ketika melatih Real Betis. Meski hanya berkutat di papan tengah, namun permainan Real Betis di bawah asuhan Setien dinilai menarik. Ketika itu, penguasaan bola menjadi kunci.

"Di lapangan, saya mencoba bergerak bebas dan memainkan permainan saya. Ketika melihat Johan Cruyff di Barcelona, saya mulai mengerti segala sesuatu bekerja. Saya belajar banyak dari itu," terang Setien ketika menjadi penulis di Marca.

"Saya menikmati sepak bola yang menekankan bola di kaki daripada berlari. Saya selalu mencoba menyampaikan keyakinan itu kepada pemain dan membiarkan mereka mengetahui harus menjaga bola lebih lama, masuk ke area penalti untuk menciptakan peluang."

"Jika mencoba mempertahankan bola, semua akan jauh lebih sederhana," juru taktik 61 tahun itu menambahkan.

Setien mengubah Real Betis menjadi satu di antara kuda hitam di LaLiga. Dengan mengandalkan permainan menyerang, Béticos Verdiblancos beberapa kali menumbangkan lawan yang lebih kuat, termasuk Barcelona.

Pada 2018, Real Betis menghadapi Barcelona di Camp Nou. Sebagian besar bursa taruhan tentu menjagokan El Barca meraih kemenangan.

Namun, lewat persaingan sengit, Real Betis keluar sebagai pemenang. Pertandingan itu berakhir dengan skor 3-4 untuk kemenangan tim tamu. Hingga saat ini, itu adalah kekalahan terakhir Barcelona di kandang.