BolaSkor.com - Persebaya Surabaya telah memiliki kapten jelang melakoni pertandingan perdana seri pertama Liga 1 2021/2022. Rachmat Irianto akan mulai memimpin rekan-rekannya saat menghadapi Borneo FC (4/9) mendatang. Sementara pemain senior Rendi Irwan didapuk menjadi wakil kapten.

Sebelumnya, pelatih Persebaya Aji Santoso berjanji akan mengumumkan kapten tim saat mendekati kompetisi. Saat itu, dia menyatakan sudah mengantongi nama-nama yang akan menjadi kapten.

"Kapten tetap Rian (sapaan Rachmat Irianto)," kata pelatih 51 tahun tersebut.

Baca Juga:

Empat Legiun Asing Dibawa Persebaya meski Akan Absen Kontra Borneo FC

Kim Jin-sung Diragukan Tampil di Laga Perdana Madura United

Lantas apa yang mendasari Aji menunjuk Rian sebagai kapten tim? Pelatih asal Kepanjen, Kabupaten Malang itu menilai Rian telah menunjukkan kualitas selama dipercaya menjabat kapten pada turnamen pramusim lalu. Karakter Rian selama di lapangan dan luar lapangan dianggap patut menjadi teladan sehingga siap untuk memimpin rekan-rekannya di level kompetisi.

"Saya percaya ia bisa memimpin tim. Apalagi, sekarang ia sudah menjadi seorang ayah. Saya percaya ia pasti jauh lebih dewasa walaupun usianya relatif masih muda," jelas Aji.

Pada usia 21 tahun, Rian menjadi kapten Bajol Ijo pada gelaran Piala Menpora 2021 lalu. Putra legenda timnas dan Persebaya, Bejo Sugiantoro tersebut menjadi kapten termuda di kompetisi musim ini. Maklum, kapten klub-klub Liga 1 lainnya telah berusia diatas 23 tahun.

Semangat dan karakter permainan Surabaya yang ngeyel mampu diejawantahkan oleh Rian. Dia sendiri menjalani debutnya memimpin tim asal Kota Pahlawan tersebut saat bertamu ke markas Persija Jakarta pada 18 Desember 2019 silam. Pengalamannya semakin bertambah setelah sempat ditunjuk mengemban ban kapten timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong.

"Ia juga representasi karakter arek-arek Suroboyo yang bermain ngeyel setiap pertandingan," tandas Aji.

Pada kompetisi musim lalu, Persebaya memiliki tiga nama kapten tim. Mereka adalah Makan Konate, Hansamu Yama Pranata, dan Rachmat Irianto. Sementara musim ini, Rendi Irwan diproyeksikan menjadi wakil kapten. Salah seorang pemain senior tim kebanggaan Bonek tersebut sempat menjadi kapten tim pada musim 2017 lalu. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)