BolaSkor.com - Pelatih asal Serbia Radomir Antic wafat pada usia 71 tahun karena sakit. Belum diketahui penyakit yang diderita Radomir Antic. Kabar duka tersebut menjadi kehilangan besar bagi sepak bola Spanyol.

Radomir Antic bukan sosok pemain atau pelatih legendaris yang namanya masuk hall of fame atau nama-nama sosok ikonik, tapi kontribusinya kepada sepak bola di Spanyol sangat besar.

Salah satu artikel di Marca menyebutnya dengan nama "Mr Football" atau Tuan Sepak Bola. Antic paham bagaimana memaksimalkan skuat yang dimilikinya dan juga memantau perkembangan tim muda masing-masing tim yang dibelanya.

Elegan dalam perannya sebagai bek tengah dulu pada medio 70 hingga 80-an, Radomir Antic melanjutkan karier di dunia kepelatihan. Di karier barunya itu Antic tercatat dalam sejarah sepak bola Spanyol sebagai satu-satunya pelatih yang pernah membesut tiga klub top Spanyol.

Baca Juga:

Pelatih Legendaris Atletico Madrid Meninggal Dunia

Kehebatan Jan Oblak Sering Ciut di Depan Lionel Messi dan Sergio Ramos

Marcos Llorente Kenang Malam Istimewa di Anfield dengan Cara Unik

Radomir Antic
Radomir Antic pernah melatih Real Madrid, Atletico Madrid, dan Barcelona

Ketiga klub yang pernah dilatihnya itu adalah Real Madrid, Atletico Madrid, dan Barcelona. Tentu saja bulan madu Antic terjadi bersama Atletico karena kariernya dengan Madrid dan Barcelona relatif singkat.

Dengan Madrid selama semusim 1991-92 dan bersama Barcelona pada 2003. Sementara dengan Atletico Antic melatih selama tiga periode (1995-1998, 1999, 2000). Bersama Atletico itulah Antic menorehkan tinta emas dalam sejarah klub.

Atletico meraih double winners titel LaLiga dan Copa del Rey pada 1995-96. Di musim pertama Antic menangani Atletico dia dapat memaksimalkan skuat yang berisikan Diego Simeone, Quinton Fortune, Jose Francisco Molina.

Antic tidak memiliki kenangan serupa di Madrid dan Barcelona karena kedua klub dalam kondisi krisis ketika ia datang. Tapi ketika melatih Madrid Antic nyaris mempersembahkan titel LaLiga pada musim 1991-92 sebelum kalah oleh Tenerife.

Antic - dengan baju olahraga yang biasa dikenakannya kala mendampingi tim di area teknis - akan selalu dikenang dalam sejarah sepak bola Spanyol. Dia menjadi satu-satunya pelatih yang membesut Madrid, Atletico, dan Barcelona.

Radomir Antic Atletico Madrid
Radomir Antic di Vicente Calderon, markas lama Atletico Madrid

Antic juga bekerja di bawah tiga Presiden klub yang berbeda dari Ramon Mendoza, Jesus Gil, dan Joan Gaspart. Di ketiga klub itu Antic dikenang sebagai pelatih yang berdedikasi dan pekerja keras.

"Keluarga besar Atletico Madrid turut berduka cita dengan kepergian Radomir Antic, salah satu pelatih legendaris yang kami miliki. Anda akan terus hidup di dalam hati kami semua. Beristirahatlah dengan tenang," demikian pernyataan di laman resmi Atletico.

"Semua orang yang mengenal sosok Radomir Antic pasti akan merasa sangat kehilangan dan Serbia bisa berbangga karena sempat memiliki sosok yang menjadi wakil di dunia internasional dan membuat kami semua merasa bangga," tambah pernyataan dari FSS selaku Federasi Sepak Bola Serbia.