BolaSkor.com - Rafael Leao terdengar masih asing di telinga pecinta sepak bola di Indonesia. Maklum, kariernya baru bersinar satu musim belakangan. Meski demikian, ia punya bakat mumpuni untuk mengikuti jejak Cristiano Ronaldo, rekan satu almamaternya di Sporting CP.

Talenta Rafael Leao pertama kali tercium oleh Thiago Fernandes, sosok yang menjadi mentor pertama sang bintang. Fernandes langsung jatuh hati melihat aksi Leao di lapangan.

"Saya bertemu dengannya ketika masih berusia 14 tahun. Sedikit orang yang bisa memahami cara bermainnya," ungkap Fernandes seperti dilaporkan France Football.

"Dia melakukan banyak hal dengan bola yang tidak bisa dilakukan pemain lain. Sayangnya, dia terkadang lupa dengan posisinya di dalam lapangan," ujarnya.

Fernandes tidak ragu menyematkan julukan pemain terbaik dari akademi Sporting CP pada Rafael Leao. Bahkan, bakat pemain 20 tahun tersebut dianggap lebih mentereng ketimbang Cristiano Ronaldo.

Baca juga:

Sepenggal Cerita Nicolas Pepe, Bekas Kiper yang Kariernya Nyaris Hancur karena Cokelat

Harvey Elliott, Pemegang Rekor Premier League Wujudkan Mimpi Gabung Liverpool

Rafael Leao

Dengan bakat yang dimiliki, banyak tim terpincut dengan Rafael Leao. Saat menuju Lille pada 2018, transfer Leao sempat bermasalah soal uang.

Sporting CP menilai Lille harus membayar 45 juta euro sebagai klausul tebus dalam kontrak Leao. Namun, pada akhirnya Lille mendapatkannya secara cuma-cuma.

Pilihan Rafael Leao melanjutkan karier di Prancis tidak terlepas atas saran sang ayag, Antonio. Antonio bermimpi Leao bisa mengikuti jejak Eden Hazard.

Rupanya, pilihan sang ayah terbukti tepat. Rafael Leao mendapatkan kesempatan unjuk gigi sembari terus menempa kemampuannya. Apalagi, pelatih Lille, Christophe Galtier, memberikan kepercayaan penuh.

"Dia berkembang dan bekerja keras. Hubungannya dengan pemain lain telah menyatu. Kehadiran sang pemain di dalam kotak penalti terasa efektif," tegas Galtier.

Pada musim lalu, pemain kelahiran Almada, Portugal, tersebut tampil dalam 26 pertandingan. Dari jumlah tersebut, ia mengemas delapan gol plus dua assist.