Ragam Aksi Klub LaLiga Mengumumkan Pemain Baru: Gaya Harry Potter hingga Gunakan Video Gim

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Rabu, 02 Maret 2022
Ragam Aksi Klub LaLiga Mengumumkan Pemain Baru: Gaya Harry Potter hingga Gunakan Video Gim
Pengumuman transfer klub LaLiga (LaLiga)

BolaSkor.com - Klub-klub LaLiga semakin sering mengumumkan pemain baru melalui konten yang orisinil, kreatif, dan menghibur bagi para penggemar.

Ketika mereka ingin terhubung dengan audiens baru di seluruh dunia, klub percaya bahwa pengumuman ini adalah cara yang baik untuk memperkuat nilai merek mereka. Valencia CF dan Villarreal CF adalah beberapa di antara banyak tim yang menonjol dan membuat dampak selama jendela transfer Januari.

Bursa transfer adalah momen ketika penggemar sepak bola kembali bersemangat karena kedatangan pemain hebat ke tim mereka, di mana bagi klub, hal tersebut juga adalah saat terpenting untuk menggunakan kecerdikan dan kreativitas mereka dalam mengumumkan pemain baru melalui departemen komunikasi dan pemasaran.

Klub semakin mahir dalam membangkitkan antusiasme tersebut, bahkan sebelum pertandingan sepak bola yang sebenarnya berlangsung.

Di bursa transfer terbaru pada Januari silam, tim-tim Spanyol mencari cara yang paling berdampak dan orisinil untuk memperkenalkan pemain baru mereka kepada dunia, seperti yang sudah mulai dilakukan dalam beberapa tahun terakhir. Momen di mana pemain baru diumumkan telah menjadi kesempatan untuk terhubung dengan penggemar sepak bola dari seluruh dunia.

Baca Juga:

Neymar Konfirmasi Rumor Tinggalkan PSG demi Pulang ke Barcelona

Lukaku dan 3 Penyerang Lain yang Sempat Berkonflik dengan Tuchel

Neymar Terpaksa Lewatkan Panasnya Superclasico

Sihir di Mestalla melalui Bryan Gil dan Harry Potter

Setiap pengumuman pemain adalah kesempatan para klub untuk menarik perhatian global dan mengejutkan, serta memotivasi basis penggemar, tetapi orisinalitas yang dimasukkan ke dalam publikasi Valencia CF tentang kedatangan Bryan Gil sangat menarik perhatian.

Sebagai seorang penggemar Valencia CF dan pemeran George Weasley pada seri Harry Potter, Oliver Phelps mengumumkan kedatangan pemain tersebut dari Tottenham Hotspur di London, yang juga merupakan kota utama dalam peluncuran seri Harry Potter.

Dalam sebuah video, aktor tersebut menjelaskan bahwa dia telah "melihat beberapa keajaiban luar biasa dari London" dan sekarang terdapat "seorang penyihir yang tiba di kuil paling ajaib di bumi, yaitu Mestalla".

Di departemen VCF MEDIA, yang bertanggung jawab atas konten dan komunikasi di Valencia CF, menyatakan narasi yang jelas bahwa penandatanganan tersebut merupakan sebuah ‘sihir’ dan mereka senang akan partisipasi dari Phelps.

"Ini memungkinkan kami untuk mengejutkan dan bergerak lebih dekat ke khalayak global, serta menghasilkan dampak besar kepada media di seluruh dunia," jelas mereka yang bekerja di departemen tersebut.

Hubungan antara Valencia CF dan Phelps bukanlah hal baru, karena dimulai pada acara Harry Potter yang berlangsung di kota tersebut pada tahun 2019. Merujuk pada acara perkenalan itu.

"Kami memanfaatkannya sebaik mungkin dan mengundang Oliver dan saudaranya James ke Mestalla, di mana mereka bisa mengenal klub secara detail dan di mana mereka jatuh cinta dengan Valencia CF. Selanjutnya, Oliver dan James dapat menghadiri dan menikmati final Copa del Rey yang dimenangkan pada tahun keseratus kami, dan sekarang mereka memiliki hubungan yang luas dengan klub setelah menjadi penggemar dan promotor dari Valencianismo secara internasional."

Bryan Gil bukan satu-satunya momen Valencia CF yang membuat heboh pengumuman transfer, karena Los Che juga bertujuan untuk mengejutkan basis penggemar mereka dengan setiap kedatangan pemain baru. Mengenai hal ini, klub menyatakan, “Ada keinginan untuk melakukan inovasi di hampir semua aspek dari semua bidang di semua departemen. Sikap yang datang dari Presiden Anil Murthy sendiri inilah yang mendorong seluruh tim VCF MEDIA untuk mencoba melakukan sesuatu yang berbeda.”

Lo Celso membawa mate dan keajaiban ke Villarreal CF

Di Villarreal CF, pemain Argentina Gero Rulli dan Juan Foyth menyambut rekan senegaranya Giovani Lo Celso ke klub dengan video yang menawan. Kedua pemain tersebut sedang mencari seseorang untuk membawakan “mate,” minuman tradisional Argentina, yang dulu menjadi tanggung jawab Funes Mori, mantan pemain Villarreal, dan kemudian, setelah mencari “seseorang yang Ajaib” selama beberapa saat, Foyth menyatakan bahwa dia tahu seorang dengan "kaki kiri yang sangat bagus" yang dia temui di London. Mereka berbicara melalui panggilan video dan Lo Celso berjanji untuk membawa mate ke Villarreal.

Melihat kembali konten kreatif itu, Hernán Sanz, Direktur Komunikasi di Villarreal CF, mengatakan, "Kami menggunakan Gero Rulli dan Juan Foyth sebagai 'aktor' dengan cara yang menghibur untuk menunjukkan sisi yang lebih dekat dan lebih manusiawi. Kami mencari interaksi dan identifikasi dengan pasar yang signifikan dan terkenal, yaitu pasar Argentina, yang memiliki hubungan historis yang hebat dengan klub kami."

Menurut Sanz, selalu ada kebutuhan untuk pengumuman spesial, dan mereka berusaha membuat konten yang berbeda dan orisinal untuk menjangkau audiens sebanyak mungkin.

"Ini bisa menjadi peluang bagus untuk memperkuat nilai sebagai merek. Tujuannya adalah agar para penggemar kami mendapat informasi dan hiburan serta agar mereka dapat berinteraksi dengan konten yang kami buat, sementara setiap penggemar sepak bola mungkin ingin mengikuti Villarreal CF di media sosial karena mereka menganggap konten tersebut menghibur. Tujuannya adalah untuk tumbuh, untuk mencapai interaksi dan untuk membawa visibilitas yang lebih besar ke klub dan filosofinya."

Di Villarreal, mereka memahami bahwa kampanye semacam ini dapat menjaring audiens baru dari berbagai usia. Sanz menambahkan, "Dengan memproduksi konten yang informatif dan menghibur, Anda dapat membuka pasar dan menemukan jalan baru untuk memperluas merek. Kami tidak bertujuan untuk menjadikan semua yang melihatnya sebagai pendukung Villarreal CF, tetapi kami ingin mereka lebih mengenal klub dan dapat membangun interaksi dan afinitas."

Sehubungan dengan hal tersebut, Villarreal CF menyaksikan pertumbuhan yang signifikan pada profil media sosial mereka, dengan 4,3 juta pengikut di seluruh kanal.

Pada bulan Januari, mereka mencatatkan total keterlibatan 1.805.945 dan nilai total 918.857,92 EUR untuk merek mereka. Lebih lanjut, platform media social mereka dengan pengikut terbanyak adalah Instagram dengan 1.161.000 pengikut, dan TikTok dengan 410.000 pengikut sebagai platform yang paling banyak tumbuh dalam waktu singkat, berkat konten yang menghibur dan trending, dengan pertumbuhan 132 persen dalam sebulan hanya pada bulan Desember saja. "Dengan konten kami di media angka, kami menyampaikan identitas kami sebagai sebuah merek," tutup Sanz.

Menjangkau penggemar dengan menjadi kreatif, terkini, dan menyenangkan

Real Betis adalah klub lain yang telah membuat angkah penting dengan memperbarui kontrak pemain seperti Nabil Fekir, Rodri, Borja Iglesias dan Álex Moreno. Pada perpanjangan kontrak Rodri, misalnya, klub bekerja sama dengan komedian Argentina Jero Freixas dan José de Cabo untuk menyampaikan berita ini kepada penggemar mereka.

Sementara untuk pengumuman perpanjangan kontrak Borja Iglesias, mereka bekerja sama dengan influencer asal Spanyol, Ibai Llanos. Hal tersebut diterima dengan sangat baik oleh penggemar dan meningkatkan keterlibatan.

Sementara itu, RCD Mallorca mencatatkan dampak yang besar saat mengumumkan pemain asal Kosovo, Vedat Muriqi dengan menggunakan video game FIFA dan melakukan candaan tentang metaverse. Hal tersebut hanyalah salah satu dari banyak contoh klub LaLiga yang mengubah pengumuman transfer menjadi bentuk seni baru.

LaLiga Breaking News Valencia Villarreal
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.508

Bagikan