BolaSkor.com - Kiper Liverpool, Alisson Becker berbagi rahasia terkait solidnya pertahanan Liverpool dalam dua musim terakhir. Menurutnya, faktor komunikasi yang tepat memegang peranan penting dalam kesuksesan ini.

Dalam dua musim beruntun, Liverpool menahbiskan diri sebagai klub dengan lini pertahanan terbaik di Premier League. The Reds merupakan klub yang paling sedikit kebobolan selama satu musim kompetisi.

Pada musim 2018-2019, gawang Liverpool hanya kebobolan 22 kali. Jumlah tersebut lebih sedikit dari Manchester City yang keluar sebagai juara.

Semusim berselang, jumlah kebobolan Liverpool memang meningkat menjadi 33 buah saat merebut gelar juara. Namun 19 klub lain menderita lebih banyak gol dibanding mereka.

Baca Juga:

Gelandang Muda Liverpool Curtis Jones Digaransi Tampil Reguler oleh Jurgen Klopp

Kehadiran Thiago Alcantara Bikin Liverpool Naik Level

Jurgen Klopp Diminta Sering Marahi Virgil van Dijk

Alisson Becker

Kebetulan atau tidak, membaiknya pertahanan Liverpool bersamaan dengan kedatangan Alisson becker. Kiper berkebangsaan Brasil itu memang diboyong dari AS Roma pada musim panas 2018 dengan banderol mencapai 66 juta poundsterling.

Alisson menolak dianggap sebagai sosok kunci dari solidnya pertahanan Liverpool. Ia menilai torehan ini merupakan kerja sama seluruh pemain.

"Saya tidak suka berteriak kepada siapa pun dan saya tidak suka ada orang yang berteriak kepada saya. Ketika anda membuat kesalahan, anda tahu bahwa anda membuat kesalahan," kata Alisson kepada Daily Mail.

"Kami berbicara satu sama lain tentang apa yang membuat kami semua lebih nyaman dengan gerakan kami. Namun saya tidak percaya bahwa ketika anda mengakui atau membuat kesalahan, anda harus menuding seseorang."

"Saya percaya dengan cara yang berbeda. Anda angkat bicara lebih baik dan menemukan solusi," tambahnya.

Pada laga pembuka Premier League 2020-2021. pertahanan Liverpool mulai terlihat kurang solid. Gawang Alisson mampu dijebol tiga kali oleh Leeds United yang berstatus tim promosi.

Namun hal itu tak membuat barisan pertahanan Liverpool termasuk Alisson panik. Terbukti, mereka mampu bangkit dengan mencetak clean sheet pada laga kedua di kandang Chelsea.

"Kami tidak perlu mengatakan bahwa pertandingan melawan Leeds adalah peringatan. Pada hari pertandingan, jika hal-hal tidak terjadi seperti yang kami inginkan, kami harus menganalisisnya," jelas Alisson lagi.

Solidnya pertahanan yang dikawal Alisson tentu sangat penting bagi Liverpool. Hal ini memegang peran penting dalam persaingan merebut gelar juara.