Raheem Sterling dan Deretan Pemain Manchester City yang Berlabuh di Chelsea

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Kamis, 14 Juli 2022
Raheem Sterling dan Deretan Pemain Manchester City yang Berlabuh di Chelsea
Raheem Sterling (Twitter)

BolaSkor.com - Raheem Sterling telah resmi meninggalkan Manchester City dan berlabuh di Chelsea. Namun ia bukan pemain bintang pertama yang melakukannya.

Chelsea memang telah meresmikan kedatangan Sterling. Pemain berusia 27 tahun itu ditebus dengan dana sekitar 47,5 juta poundsterling.

Menyeberangnya Sterling dari Manchester City ke Chelsea merupakan hal yang menarik. Itu karena kedua klub merupakan rival langsung dalam perburuan gelar domestik maupun interkontinental.

Baca Juga:

Sentuhan Pemilik Baru Chelsea: Daratkan Raheem Sterling dan Kalidou Koulibaly

Raheem Sterling Pamit dari Manchester City

Urusan Transfer Belum Berakhir, Chelsea Masih Bidik Pemain Manchester City

Namun Manchester City tampak tak punya pilihan karena kontrak Sterling hanya tersisa satu tahun. Sekarang memang saat yang tepat untuk menjualnya dengan harga mahal meski Chelsea yang membelinya.

Meski begitu, pindahnya bintang Manchester City ke Chelsea sudah pernah terjadi di masa lalu. Berikut ini rangkumannya:

David Rocastle

Nama David Rocastle mungkin asing di telinga pecinta sepak bola. Namun ia merupakan mantan gelandang Timnas Inggris pada periode 1988 hingga 1992.

Rocastle merupakan produk akademi Arsenal yang sempat promosi ke tim utama. Ia pindah ke Manchester City pada akhir Desember 1993 setelah sebelumnya sempat memperkuat Leeds United.

Rocastle dengan cepat memberi kontribusi nyata kepada Manchester City. Ia tercatat tampil 23 laga pada paruh kedua musim 1993-1994.

Sayangnya kebersamaan Rocastle bersama Manchester City tak berlangsung lama. Setelah musim berakhir, ia dibajak Chelsea dengan biaya transfer sebesar 1,25 juta poundsterling.


Terry Phelan

Terry Phelan pernah menyandang status bek termahal Manchester City saat dibeli dari Wimbledon pada musim panas 1992. Ketika itu biaya transfernya mencapai 2,5 juta poundsterling.

Namun Phelan menjawab harga mahalnya dengan penampilan maksimal di lapangan. Ia nyaris selalu menjadi bek utama Manchester City pada periode 1992 hingga 1995.

Phelan tercatat memperkuat Manchester City dalam 122 laga. Namun ia memilih pindah ke Chelsea pada November 1995.

Ironisnya, keputusan ini berakibat fatal bagi karier Phelan. Ia gagal merebut tempat utama di Chelsea hingga akhirnya pindah ke Everton.


Shaun Wright-Phillips

Shaun Wright-Phillips bisa dibilang pemain Manchester City pertama yang dibeli dengan harga mahal oleh Chelsea. Momen itu terjadi pada musim panas 2005.

Wright-Phillips merupakan produk asli akademi Manchester City. Ia mampu menembus tim utama pada musim 2000-2001.

Kemampuan Wright-Phillips semakin diakui usai mendapat panggilan Timnas Inggris. Kualitasnya pun membuat Jose Mourinho melirik yang kala itu tengah bersiap menatap musim kedua menangani Chelsea.

Chelsea berani menebus Wright-Phillips dengan uang sekitar 21 juta poundsterling. Sayangnya ia gagal tampil memukau di Stamford Bridge.

Wright-Phillips bisa dibilang menjadi salah satu pembelian gagal Chelsea era Mourinho. Ia akhirnya kembali ke Manchester City setelah tiga musim lebih sering menjadi penghangat bangku cadangan.


Nicolas Anelka

Anelka turut termasuk dalam daftar ini. Namun dirinya memang tak pindah langsung dari Manchester City ke Chelsea.

Anelka merupakan ujung tombak andalan Manchester City pada periode 2002 hingga 2005. Saat itu penyerang berkebangsaan Prancis tersebut mencoba bangkit usai gagal bersinar di Liverpool.

Anelka mampu menyandung status top skorer klub dalam dua musim perdananya bersama Manchester City. Namun ia justru dijual ke Fenerbahce pada Januari 2005.

Setelah 1,5 tahun berkarier di Turki, Anelka kembali ke Premier League untuk menerima pinangan Bolton Wanderers. Chelsea secara mengejutkan kemudian memboyongnya pada Januari 2008.

Meski sudah tak muda lagi saat hijrah ke London, Anelka nyatanya tampil memperkuat Chelsea selama empat tahun. Ia kemudian pindah ke China pada Januari 2012 untuk menerima pinangan Shanghai Shenhua.


Daniel Sturridge

Daniel Sturridge juga merupakan produk asli akademi Manchester City. Ia promosi ke tim utama pada musim 2006-2007.

Namun Sturridge butuh waktu sekitar satu tahun dari momen debut untuk mencetak gol perdananya di tim utama Manchester City. Ia kemudian mulai dipercaya tampil reguler pada musim 2008-2009.

Yang mengejutkan, Sturridge menolak tawaran perpanjangan kontrak yang disodorkan Manchester City. Padahal masa baktinya berakhir pada musim panas 2009.

Sejumlah klub besar memang coba membajak Sturridge secara cuma-cuma. Chelsea akhirnya keluar sebagai pemenang.

Meski begitu, kepindahan Sturridge ke Chelsea tak diterima begitu saja oleh kubu Manchester City. The Citizens menuntut biaya kompensasi sebesar 3,5 juta poundsterling yang akhirnya dikabulkan pengadilan.

Chelsea Manchester City Raheem Sterling Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan