Rahmad Darmawan bersama 23 Pelatih Indonesia Bakal Berguru ke Madrid

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Senin, 23 April 2018
Rahmad Darmawan bersama 23 Pelatih Indonesia Bakal Berguru ke Madrid
Pelatih Sriwijaya FC, Rahmad Darmawan. (BolaSkor.com/Dzakira)

BolaSkor.com - Pelatih Sriwijaya FC, Rahmad Darmawan, bersama 23 pelatih lain yang mengikuti lisensi Pro AFC ternyata belum menyelesaikan kursus. Kursus kepelatihan tertinggi di Asia ini didapat dengan tidak mudah.

Butuh satu tahun untuk dapat menyelesaikannya. Kursus kepelatihan selama 10 hari yang digelar di Yogyakarta, hanya satu dari tujuh modul untuk dapat lisensi Pro AFC.

"Modul kedua nanti bulan Juni, dan modul ketiga di Bandung saat Asian Games digulirkan," kata Rahmad Darmawan, Senin (23/4).

Pada modul ketiga, Liga 1 2018 berhenti total karena penyelenggaraan Asian Games 2018. Hal itu tentu baik bagi RD dan pelatih lainnya, sehingga bisa fokus dalam kursus pelatih Pro AFC.

"Modul keempat, kita akan menjalaninya di luar, rencananya di Madrid, Spanyol," ungkapnya.

Modul keempat ini akan digelar saat kompetisi telah berakhir. Meskipun belum banyak mendapatkan hal baru dari kursus yang dijalaninya, namun beberapa manfaat didapatkan khususnya metode-metode kepelatihan sepak bola modern.

"Kalau secara teknis baru memperkenalkan agar siswa lebih pro aktif namun juga ada hal baru seperti setiap metode menggunakan IT. Begitu juga dengan analisis yang mendetail," jelasnya.

RD mengatakan, meskipun lisensi Pro AFC belum diterapkan di Liga Indonesia, namun dirinya dituntut perlu meningkatkan level kepelatihannya melalui kursus tersebut. Seperti diketahui lisensi Pro AFC baru akan diterapkan mulai tahun 2020 mendatang.

"Ya, informasinya memang seperti itu karena Malaysia juga sudah mulai menerapkan seperti itu. Begitu juga di Indonesia akan mulai diterapkan mulai tahun 2020," pungkasnya. (Laporan Kontributor Dzakira/Palembang)

Rahmad darmawan Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.965

Bagikan