BolaSkor.com - Manajer Madura United, Rahmad Darmawan, berharap PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengambil sikap tegas dengan mengakhiri kompetisi 2020. Hal ini tak lepas dari ditundanya penyelenggaraan kompetisi hingga awal tahun depan.

Namun dalam pernyataannya, pihak federasi tak menjelaskan bagaimana status kompetisi musim ini. Mereka hanya memberitahukan bila Liga tak bisa dilanjutkan setidaknya hingga bulan Januari.

"Ada dua opsi saja, melanjutkan atau mengulangi lagi, bukan musim baru tapi format baru. Tapi kalau mau musim baru, menurut saya lebih bagus," ungkap pria yang akrab disapa RD tersebut.

Baca Juga:

Berkah Kompetisi Molor, Bek Persebaya Bersiap Lepas Masa Lajang

PSIS Semarang Menaruh Harapan atas Pemanggilan Lima Pemain Ikut Seleksi Garuda Select

Pria asal Lampung tersebut meminta pemegang kebijakan lebih bijak dalam menentukan arah kompetisi di tengah situasi pandemi. Apalagi kompetisi 2020 masih menyisakan 31 pekan yang belum dimainkan.

"Saya rasa itu solusinya (memulai musim baru). Kalau mau melanjutkan kompetisi 2020, dimainkan Januari-Februari nggak mungkin terkejar dengan format yang sekarang," jelasnya.

"Kecuali kalau mau menggelar kompetisi musim 2021, itu aman dan enak sekali. Sebelum Piala Dunia U-20, hitunglah putaran 1 selesai. Menjelang putaran kedua ada break piala dunia. Sambil pemain tetap latihan dan evaluasi terus menyiapkan untuk putaran kedua."

Jika hal tersebut bisa terlaksana, mantan arsitek Persija Jakarta tersebut menganggap kompetisi musim depan akan jauh lebih baik. Walaupun kompetisi 2020 dihentikan, setidaknya PT. LIB memiliki pengaturan waktu yang pas untuk musim selanjutnya.

"Sebetulnya ideal. Jadi musim baru mulainya Januari sampai April, Mei-Juni kan Piala Dunia. Empat bulan untuk satu putaran itu sangat cukup," pungkasnya. (Laporan Kontributor Bima Pamungkas/Madura)