Rahmat Erwin Abdullah Kejar Poin Olimpiade dan Berambisi Pecahkan Rekor Dunia

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 18 Mei 2023
Rahmat Erwin Abdullah Kejar Poin Olimpiade dan Berambisi Pecahkan Rekor Dunia
Lifter Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah. (BolaSkor.com/Frengky Aruan)

BolaSkor.com - Lifter Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah bertekad untuk mendapat poin guna mengikuti Olimpiade Paris 2024. Itu lewat ajang IWF Grand Prix I 2023 di Havana, Kuba, 8-18 Juni 2023.

Di ajang itu, Rahmat Erwin Abdullah juga bertekad memecahkan rekor dunia. Ambisi itu diutarakan menyusul suksesnya di SEA Games 2023.

Rahmat Erwin Abdullah baru saja meraih medali emas dari cabang olahraga weightlifting atau angkat besi nomor Men's 81 kg. Ia sekaligus memecahkan tiga rekor dalam pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Rekor pertama di angkatan snatch. Ia mampu mengangkat beban 158 kg sekaligus memecahkan rekor SEA Games miliki lifter Merah Putih Rizki Juniansyah dengan 157 kg saat tampil di SEA Games 2021 Vietnam.

Di clean and jerk, ia mampu mengangkat beban 201 kg. Sekaligus memecahkan rekor SEA Games dengan 200 kg milik lifter Thailand Suepsuan Natthawut di SEA Games 2021 Vietnam.

Total angkatan Rahmat Erwin 359 kg melampaui rekor SEA Games milik Suepsuan Natthawut di SEA Games 2021 dengan 355 kg.

Baca Juga:

Tangan Dingin CdM Lexyndo Hakim, Kunci Sukses Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja

Ketua NOC Ungkap Resep Sukses Indonesia di SEA Games 2023

"Saya main santai saja di sana. Tidak ada masalah besar di sana. Target selanjutnya melakukan yang terbaik (di Asian Games dan Olimpiade). Kemarin SEA Games hanya pemanasan saja," kata Rahmat Erwin saat ditemui di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kamis (18/5).

"Saya juga menargerkan bisa memecahkan rekor lagi. Tetapi rekor dunia di Kuba," tambahnya.

Medali emas dari Rahmat Erwin membuat tim angkat besi Indonesia mengoleksi lima keping emas. Empat emas lain disumbangkan Eko Yuli Irawan (Men's 61 kg), Riki Juniansyah (Men's 73 kg), Juliana Klarisa (Women's 55kg), Tsabitha Alfiah Ramadani (Women's 64 kg).

Tim angkat besi Indonesia juga meraih dua medali perak dan empat perunggu. Tim Indonesia sekaligus menjadi juara umum cabang olahraga angkat besi SEA Games 2023.

Sukses tim angkat besi Indonesia mendapat apresiasi. Sebelumnya mereka turut dipuji oleh Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia di SEA Games 2023, Lexyndo Hakim.

"Alhamdulillah luar biasa. Angkat besi kita sekali lagi menunjukkan taringnya di Asia Tenggara. Hari ini ada Tsabita (Alfiah Ramadani) yang dapat emas di kelas 64kg disusul Rahmat Erwin Abdullah di kelas 81 kg. Hebatnya lagi, Erwin ini pecah rekor SEA Games di sntach, clean and jerk juga angkatan total," kata Lexy, sapaan akrabnya usai Rahmat Erwin meraih medali.

Penyambutan Tim Angkat Besi Indonesia. (BolaSkor.com/Frengky Aruan)

Tim angkat besi Indonesia disambut di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, setibanya dari Kamboja pada Kamis (18/5) siang. Dalam sambutannya, Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI), Djoko Pramono berharap para atlet memikirkan event yang lebih besar lagi.

"Kalian harusnya sudah di Asian Games dan Olimpiade. Jadi kami harapkan jangan berhenti di sini. Pulang dari sini harus bertekad, berlatih menuju Olimpiade Paris. Nanti Asian Games, bangsa menginginkan kalian punya prestasi seperti ini. Tidak ada perasaan belum siap. Jadi selamat datang, perjuangan belum selesai," Djoko Pramono.

Rahmat Erwin Abdullah SEA Games 2023 Angkat Besi
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan