BolaSkor.com - Rahmat Erwin Abdullah tampil gemilang saat tampil pada ajang SEA Games 2021 cabang olahraga (cabor) angkat besi kelas 73 kg. Ia mampu mempersembahkan medali emas sekaligus memecahkan rekor.

Dalam pertandingan di Hanoi Sports Training and Competition Center, Sabtu (21/5), Rahmat tak terbendung sejak awal. Ia seolah berada di level berbeda dari para rival.

Rahmat mengawali angkatan snatch dengan gemilang. Ia berhasil mengangkat beban seberat 142 kg dan melampaui enam lawannya.

Belum puas, Rahmat mencoba mempertajam rekor SEA Games atas namanya sendiri untuk snatch sebesar 145 kg pada angkatan kedua. Ia pun sukses melakukannya dengan angka 150 kg.

Baca Juga:

Tim Kano dan Kayak Menatap Olimpiade

SEA Games 2021: Emas Kedua Angkat Besi Dipersembahkan Rahmat Erwin Abdullah

Lagi-lagi Rahmat belum puas. Ia mempertajam rekor atas namanya sendiri dengan 155 kg pada angkatan ketiga.

Hal tak jauh berbeda terjadi pada angkatan clean and jerk. Rahmat berhasil menjadi yang terbaik dan memecahkan rekor SEA Games dengan angkatan 190 kg.

Pada angkatan terakhir, Rahmat sempat mencoba mengangkat beban seberat 200 kg untuk memecahkan rekor dunia. Namun usahanya tak membuahkan hasil.

Kesuksesan meraih medali emas dan memecahkan rekor SEA Games nyatanya tak dianggap istimewa oleh Rahmat. Ia tampaknya memang sudah memprediksi hal tersebut sejak awal.

"Perasaan saya biasa saja. Kayaknya lebih berat yang kemarin (SEA Games 2019) persaingannya karena sudah jauh angkatan aku," kata Rahmat.

Memecahkan rekor dunia tampaknya memang menjadi misi utama Rahmat pada partisipasnya di SEA Games 2021. Kegagalan mengangkat beban seberat 200 kg pun begitu disesalinya.

Rekor dunia untuk celan and jerk di nomor 73 kg masih dipegang atlet China Shi Ziyong. Shi Ziyong mencatatkan angkatan 198 kg.

"Memang sudah targetnya (200 kg), cuma sedikit meleset. Yang kayak tadi harusnya bisa," tambahnya.

"Itu sudah terukur banget dalam latihan. Tinggal mencoba di kompetisi."

Medali Emas yang diraih Rahmat merupakan yang kedua dari cabor angkat besi. Sumbangan ini juga membuat posisi indonesia semakin kukuh di peringkat ketiga klasemen umum.

Laporan Langsung Taufik Hidayat dari Vietnam