Raja Sapta Okto Bawa Kabar Baik untuk Renang Indonesia

Andhika PutraAndhika Putra - Minggu, 03 April 2022
Raja Sapta Okto Bawa Kabar Baik untuk Renang Indonesia
Raja Sapta Oktohari (Dok NOC Indonesia)

BolaSkor.com - Diplomasi internasional yang digencarkan Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari, kembali memberikan buah manis untuk olahraga Tanah Air. Kali ini bagi cabang olahraga renang.

Okto, sapaan Raja Sapta, yang didampingi Komite Eksekutif Jadi Rajagukguk dan Wakil Sekretaris Jenderal IV NOC Indonesia Daniel Loy bertemu dengan Presiden Federation Internationale de Natation (FINA) Husain AHZ Al-Musallam di Kuwait, beberapa waktu lalu. Pertemuan ini merupakan rangkaian diplomasi internasional NOC Indonesia di Asia pada 2022.

“Diplomasi internasional ini menghasilkan kabar positif. Indonesia mendapat tiga keuntungan untuk membantu peningkatan prestasi renang, mulai dari beasiswa, coaching, hingga memberikan tempat untuk representatif Indonesia di FINA,” kata Okto, Kamis (31/03).

Secara spesifik, benefit yang akan diperoleh Indonesia adalah pemberian beasiswa penuh untuk dua atlet renang Indonesia, satu putra dan putri, untuk. menjalani training camp di Budapest, Hungaria. Kedua, FINA jua akan mengirim Olympian berdarah Indonesia-Belanda Ranomi Kromowidjoyo ke Indonesia untuk membantu mempromosikan renang di level grassroots serta membantu perenang muda hingga elite untuk meningkatkan high performance.

Baca Juga:

Apresiasi SBY untuk Menpora dan Proliga

Membentuk Tim Nasional Sejak Usia Dini

Ketiga, FINA berjanji memenuhi permintaan NOC Indonesia untuk menempatkan dua perwakilan di FINA. Diplomasi internasional yang dilakukan NOC Indonesia ini dijalankan sejalan dengan peran NOC yang tertuang dalam poin 2.3 Olympic Charter (Piagam Olimpiade) yakni mendorong perkembangan high performance olahraga begitu juga sport for all.

“Dengan kehadiran representatif kami di FINA diharapkan mereka dapat berperan aktif sehingga dapat menunjang dan membawa dampak positif bagi perkembangan olahraga Indonesia, termasuk regulasi dan hal-hal lainnya,” ujar Okto.

“Saya berharap benefit ini dapat membantu peningkatan prestasi renang Indonesia. Apalagi, renang merupakan mother of sport yang dipertandingkan di Olimpiade dan ini sejalan dengan misi kami yakni menembus panggung dunia.”

Dalam kesempatan tersebut, Husain yang juga menjabat sebagai Direktur Jenderal Dewan Olimpiade Asia (OCA) dan Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Nasional (NOC) Kuwait mengapresiasi peran aktif NOC Indonesia dalam peningkatan prestasi olahraga.

“Terima kasih atas kunjungan dan dukungan Anda. Saya sangat mengapresiasi segala upaya dan peran aktif Anda untuk kemajuan olahraga. Kami berkomitmen memastikan peningkatan prestasi renang Indonesia,” ujar Husain.

Dalam kesempatan tersebut, Okto juga mengundang Husain datang ke Indonesia untuk melihat perkembangan akuatik di Indonesia.

Ajakan tersebut disambut baik oleh Husain yang juga menyampaikan ide-ide dan potensi yang dapat dikembangkan akuatik di Indonesia.

Husain juga sempat berbincang dengan Ketua Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) Anindya Bakrie melalui telepon video yang disambungkan langsung oleh Okto.

Breaking News Renang Raja Sapta Oktohari NOC
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.247

Bagikan