BolaSkor.com - Fakta Marc Marquez memenangkan lima titel juara dunia MotoGP hanya bersama Honda dan musim ini sedang memimpin klasemen, mendapat cibiran dari Direktur Olahraga Ducati, Paolo Ciabatti.

Ciabatti menyoroti betapa sulitnya pembalap Honda selain Marquez meraih prestasi. Sebuah bukti, motor Honda RC213V memang dibuat untuk Marquez.

Baca Juga:

Bos Honda Enggan Beberkan Detail Kontrak Jorge Lorenzo, Sinyal Pensiun Dini Semakin Kencang

Hanya 80 Poin Setelah Sembilan Putaran, Raihan Terburuk Valentino Rossi di MotoGP

Paolo Ciabatti
Paolo Ciabatti (Zimbio)

"Motor Honda didesain untuk Marquez. Tapi di belakangnya selalu finis pembalap Yamaha atau Ducati, tidak pernah Honda. Jadi memang Marquez yang harus kami lawan," kata Ciabatti.

Pernyataan Ciabatti tentunya membuat kuping bos Honda, Alberto Puig merah. Dia balas menyindir fakta Ducati baru merasakan satu titel juara dunia yang diraih Casey Stoner pada musim 2007.

Padahal Ducati telah melakukan investasi yang besar untuk meraih sukses di MotoGP. "Menurut opini saya, apa yang mereka telah lakukan di MotoGP tidak seimbang," kata Puig.

"Yang saya tahu adalah bahwa Marquez telah menang dengan motor ini, seperti Stoner, (Mick) Doohan, (Freddie) Spencer, (Eddie) Lawson, (Alex) Criville, (Nicky) Hayden dan (Valentino) Rossi.

"Banyak pembalap bisa juara dunia bersama Honda. Sedangkan hanya satu pembalap bisa melakukannya di Ducati. Itupun pada momen yang khusus di kejuaraan ini," tutup Puig.

Pada MotoGP 2019, Ducati memang kembali kesulitan mengalahkan Honda dan Marquez. Sejauh ini, tim pabrikan asal Italia baru merasakan dua kemenangan.*