Ramos Dituding Melanggar Regulasi Anti-Doping, UEFA dan Madrid Angkat Bicara

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 24 November 2018
Ramos Dituding Melanggar Regulasi Anti-Doping, UEFA dan Madrid Angkat Bicara
Sergio Ramos (Zimbio)

BolaSkor.com – Sensasi yang disebarkan Der Spiegel, media Jerman, terkait kebocoran dokumen-dokumen penting dalam sepak bola (Football Leaks) terus berlanjut. Kali ini, giliran kapten timnas Spanyol dan Real Madrid, Sergio Ramos, yang terkena dampaknya.

Ramos disinyalir dua kali melanggar aturan anti-doping ketika memainkan final Liga Champions 2017 antara Madrid dengan Juventus di Wales, serta satu laga lagi saat Madrid melawan Malaga di LaLiga tahun ini.

Bek berusia 32 tahun diklaim Der Spiegel menggunakan obat-obatan yang dilarang oleh WADA (Badan Anti-Doping Dunia). Salah satunya adalah penggunaan dexamethasone, yang dapat digunakan untuk meningkatkan konsentrasi dan daya tangkap.

Dexamethasone sedianya obat yang biasa digunakan dalam beberapa kasus penyakit kanker dan juga penyakit lainnya, seperti gangguan darah, hormon, sistem kekebalan tubuh, alergi dan lainnya. Namun, penggunaannya dalam sepak bola dilarang.

Di kasus pertama, Ramos dianggap tidak bersalah karena UEFA cukup puas dengan penjelasan medis dari Madrid dan Ramos, namun di kasus kedua saat melawan Malaga, mantan bek Sevilla dituding bersalah karena menolak instruksi dari Badan Anti-Doping Spanyol guna mengawasi penyalahgunaan obat yang dilarang.

Sampai sejauh ini belum terbukti kebenarannya, karena klaim itu baru muncul sepihak dari Der Spiegel. Kendati demikian, agar nama baik dan reputasi Ramos, yang dianggap salah satu bek dunia, tidak tercoreng, Madrid memberi pernyataan di laman resmi mereka melalui tiga poin:

1. Sergio Ramos tidak pernah melanggar regulasi badan pengawasan anti-doping.

2. UEFA meminta informasi yang tepat waktu dan menutup masalah sesegera mungkin, karena itu biasa dalam kasus-kasus seperti ini, setelah verifikasi oleh pakar dari Badan Anti-Doping Dunia, AMA, dan juga UEFA.

3. Sisa kabar yang dipublikasikan, klub tidak memberi pengumuman sendiri sebelum adanya bukti karena kabar yang kurang substansial (dipercaya)

Breaking News Sergio Ramos Real Madrid Timnas Spanyol UEFA Tes Doping
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.177

Bagikan