BolaSkor.com - Tidak banyak drama besar yang terjadi pada deadline bursa transfer musim panas 2021 yang telah resmi berakhir pada Kamis (01/09) pagi WIB. Pasalnya transfer-transfer yang melibatkan nama besar sudah terjadi sebelum deadline.

Beberapa nama itu semisal Lionel Messi dari Barcelona ke PSG (Paris Saint-Germain), Cristiano Ronaldo yang pergi dari Juventus dan kembali ke mantan klubnya Manchester United, hingga Romelu Lukaku yang kembali ke Chelsea pasca memenangi Scudetto dengan Inter Milan.

Kendati demikian beberapa jam menjelang bursa transfer musim panas ditutup ada transfer kejutan yang terjadi. BolaSkor.com akan merangkum transfer-transfer yang terjadi menjelang deadline termasuk detail kesepakatan, harga, dan durasi kontrak.

Baca Juga:

Mengulas Debut Lionel Messi bersama PSG

Pesan Pertama Cristiano Ronaldo Usai Diresmikan Manchester United

Ronaldo Cabut ke Man United, Pengikut Instagram Juventus Terkikis

1. Antoine Griezmann (Barcelona > Atletico Madrid)

Di luar kejutan penyerang asal Prancis berusia 30 tahun, Antoine Griezmann kembali ke klub yang pernah dibelanya dari 2014-2019, Atletico Madrid. Kesepakatan terjadi cepat di antara Barcelona dengan Atletico dan ini menjadi transfer besar jelang deadline.

Detailnya adalah kesepakatan pinjaman hingga Juni 2022 dengan opsi beli sebesar 40 juta euro. Menarik, sebab Barca mengeluarkan 120 juta euro pada 2019 kala merekrut Griezmann dan kini Atletico hanya membayarnya 40 juta euro untuk mempermanenkannya.

2. Saul Niguez (Atletico Madrid > Chelsea)

Chelsea sedianya sudah dikaitkan dengan Jules Kounde dan Saul Niguez sebelum deadline. Pada akhirnya The Blues mendapatkan Saul dengan status pemain pinjaman sebesar lima juta euro, dengan opsi beli 40 juta euro yang dapat diaktifkan pada 2022.

Saul jadi rekrutan ketiga Chelsea setelah Marcus Bettinelli dan Romelu Lukaku di musim panas ini. Posisi bermain Saul gelandang yang dapat ditempatkan di sisi sayap atau sentral permainan.

3. Hector Bellerin (Arsenal > Real Betis)

Sempat dikaitkan dengan Barcelona, bek kanan asal Spanyol Hector Bellerin justru berlabuh di Real Betis. Meski begitu Betis arahan Manuel Pellegrini hanya meminjamnya tanpa opsi pembelian permanen, kesepakatan pembayaran gaji juga telah disetujui kedua belah pihak.

4. Nuno Mendes (Sporting Lisbon > PSG)

Transfer Nuno Mendes, bek kiri berusia 19 tahun dari Sporting Lisbon ke PSG menutup kehebohan transfer Les Parisiens di musim panas ini. PSG meminjamnya dengan dana tujuh euro dan opsi pembelian permanen pada angka 40 juta euro.

Nuno Mendes melengkapi sederet pemain yang datang ke tim arahan Mauricio Pochettino dari Sergio Ramos, Gianluigi Donnarumma, Georginio Wijnaldum, Danilo Pereira, Achraf Hakimi, hingga Lionel Messi.

5. Emerson Royal (Barcelona > Tottenham Hotspur)

Direktur Olahraga Tottenham Hotspur, Fabio Paratici melanjutkan pekerjaannya dan menutup transfer tim dengan merekrut bek kanan berusia 22 tahun, Emerson Royal dari Barcelona. Mahar yang dikeluarkan Tottenham sebesar 25 juta euro dengan kontrak berakhir pada Juni 2026.

Emerson langsung mengisi tempat di posisi bek kanan Tottenham, bersaing dengan Matt Doherty, dan menggantikan Serge Aurier yang kontraknya diputus.

6. Salomon Rondon (Dalian Professional > Everton)

Everton besutan Rafael Benitez mendapatkan striker yang sudah berpengalaman main di Premier League, Salomon Rondon. Mantan penyerang West Bromwich Albion dan Newcastle United berusia 31 tahun direkrut gratis dengan durasi kontrak dua tahun plus opsi perpanjang setahun.

Kontrak penyerang asal Venezuela berakhir dengan klub China, Dalian Professional dan Everton jadi klub ke-10 yang dibela dalam karier Rondon.

7. Radamel Falcao (Galatasaray > Rayo Vallecano)

Penampilannya tak lagi sama sejak cedera berulang kali menerjangnya. Akan tapi namanya tetap besar. Striker asal Kolombia berusia 35 tahun memutuskan kontraknya di Galatasaray atas kesepakan dua belah pihak, Radamel Falcao kembali bermain di LaLiga.

Klub yang berhasil mendapatkan servis El Tigre adalah Rayo Vallecano. Klub arahan Andoni Iraola menambah pengalaman di lini depan pada penyerang yang pernah memperkuat Porto, Atletico Madrid, AS Monaco, dan Manchester United.

8. Takehiro Tomiyasu (Bologna > Arsenal)

Arsenal mengakhiri transfer pemain masuk dengan merekrut bek yang dapat bermain di kanan dan tengah, Takehiro Tomiyasu. Bek asal Jepang berusia 22 tahun direkrut dari Bologna sebesar 23 juta euro dan dikontrak selama lima tahun. Tomiyasu diharapkan dapat membenahi lini belakang Arsenal bersama dengan Ben White.

9. Luuk de Jong (Sevilla > Barcelona)

Sebagai pengganti Griezmann yang kembali membela Atletico Madrid, Barcelona menunjuk penyerang Sevilla Luuk de Jong. Bomber berusia 31 tahun sudah tiga tahun membela Sevilla dan kehadirannya menambah nuansa Belanda di skuad Barca yang sudah memiliki Memphis Depay dan Ronald Koeman.