BolaSkor.com - Bursa transfer musim panas 2019 telah resmi berakhir di Eropa. Beberapa transfer besar terjadi jelang penutupan bursa transfer, salah satu di antaranya adalah transfer PSG (Paris Saint-Germain) yang berhasil mengamankan servis Mauro Icardi dan Keylor Navas.

Navas direkrut PSG sebagai pengganti Gianluigi Buffon dan menjadi bagian barter pemain dengan Alphonse Areola yang bergabung dengan Real Madrid. Kiper asal Kosta Rika akan bersaing dengan Sergio Rico untuk merebutkan posisi nomor satu di bawah asuhan Thomas Tuchel.

Kedatangan Navas, yang dikontrak selama empat tahun, diikuti oleh Icardi yang dipinjam selama semusim dengan opsi permanen sebesar 69 juta euro. Sebelum ke PSG, Icardi teken kontrak dua tahun dengan Inter Milan.

Baca Juga:

Akhirnya Mauro Icardi Ikhlas Pergi dari Inter Milan

Sergio Rico dan Keylor Navas ke PSG, Real Madrid Dapat Alphonse Areola

Sanchez-Mkhitaryan, Barter Pemain Gagal Premier League yang Terdampar di Serie A

Mauro Icardi

"Saya akan memberikan segalanya untuk membantu tim baru saya melaju sejauh mungkin di seluruh kompetisi. Paris St-Germain telah menjadi kekuatan sepak bola internasional, menarik beberapa pemain terhebat dalam beberapa tahun terakhir," tutur Icardi di laman resmi PSG.

"Momentumnya kuat di Paris, ambisinya tinggi, dan saya yakin kami punya segalanya di sini untuk berkembang lebih jauh," sambungnya.

Icardi bermain selama enam tahun di Inter dengan torehan 124 gol dari 219 penampilan. Transfernya menjadi drama di bursa transfer musim panas ini, sebab Icardi masih ingin bertahan di Inter, sementara petinggi Nerazzurri dan Antonio Conte menginginkannya pergi.

Setelah sempat dihubungkan dengan Atletico Madrid, Napoli, Juventus, dilalui drama yang melibatkan sang agen sekaligus istrinya, Wanda Nara, striker asal Argentina akhirnya bergabung dengan PSG, melengkapi trisula Kylian Mbappe, Edinson Cavani, dan Neymar.

Sementara itu rival Inter, AS Roma, berhasil merampungkan dua pemain anyar dengan status pinjaman di penutupan bursa transfer. Kedua pemain itu adalah Henrikh Mkhitaryan dan Nikola Kalinic, gelandang serang dan striker.

Henrikh Mkhitaryan

Kalinic dipinjam dengan opsi beli sebesar 11 juta euro dari Atletico Madrid, sementara Mkhitaryan tidak punya opsi beli dan akan kembali ke Arsenal kala kontraknya berakhir. Kedatangan keduanya menyusul transfer Chris Smalling dari Manchester United.

Berikut rangkuman transfer besar Eropa di penutupan bursa transfer musim panas 2019:

- Jesse Rodriguez: PSG ke Sporting Lisbon (pinjaman dengan opsi beli)
- Martin Skrtel: Atalanta ke Istanbul Basaksehir (transfer permanen)
- Radamel Falcao: Monaco ke Galatasaray (free transfer)
- Kenedy: Chelsea ke Getafe (free transfer)
- Andre Silva: AC Milan ke Eintracht Frankfurt (pinjaman)
- Ante Rebic: Eintracht Frankfurt ke AC MIlan (pinjaman dengan opsi beli)
- Rafinha: Barcelona ke Celta Vigo (pinjaman)
- Han Kwang-song: Cagliari ke Juventus (transfer permanen)
- Javier Hernandez: West Ham United ke Sevilla (transfer permanen)