RANS PIK Basketball Berkomitmen Ciptakan Industri Basket Lebih Berwarna

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 11 Januari 2022
RANS PIK Basketball Berkomitmen Ciptakan Industri Basket Lebih Berwarna
Chairman RANS PIK Basketball, Raffi Ahmad. (YouTube RANS Entertainment)

BolaSkor.com - RANS Pantai Indah Kapuk (PIK) Basketball resmi meluncurkan jersey untuk Indonesia Basketball League (IBL) 2022. RANS PIK Basketball berangkat dari sebuah ide para anak muda yang ingin memajukan ekosistem bola basket nasional ke arah Industri.

RANS PIK Basketball juga ingin membawa industri basket lebih berwarna ke arah lifestyle dan entertainment.

"Pastinya yang membedakan kita (dengan tim lain), pertama RANS sendiri dengan komitmennya pada dunia sport Indonesia, bukan hanya sekedar basketball semata, tetapi juga ada lifestyle dan entertainment. Di luar negeri bukan hanya mengedepankan basketball semata, tapi lifestyle dan entertainment juga. Mudah-mudahan basketball kita ekosistemnya akan hidup sama seperti sepak bola," kata Chairman RANS PIK Basketball, Raffi Ahmad, dalam launching jersey secara virtual zoom bertajuk 'Fly High Phoenix',

"Kita berterima kasih kepada tokoh-tokoh yang mendukung dunia basketball Indonesia. Ada Menteri Zainudin Amali (Menpora), Menteri BUMN Pak Erick Thohir, Ibu Nirmala (Dewi, Sekjen) dari Perbasi, dan Junas (Miradiarsyah) yang merupakan Dirut IBL. Kita di sini junior, tanpa bantuan para senior kita bukan siapa-siapa. Kita sama-sama ingin memajukan basketball Indonesia. Terima kasih juga kepada sponsor, karena bisa bayar pemain," tambahnya.

Baca Juga:

RANS PIK Basketball Berkomitmen Ciptakan Industri Basket Lebih Berwarna

Ikrar Raffi Ahmad untuk Basket Indonesia

RANS PIK Basketball
Launching jersey RANS PIK Basketball. (YouTube RANS Entertainment)

RANS PIK Basketball merupakan lini bisnis dari RANS Entertainment milik Raffi Ahmad. Tentunya, RANS PIK Basketball sesuai namanya akan bermarkas di Pantai Indah Kapuk, Jakarta.

"RANS PIK Basketball berdiri atas kecintaan Pak Dito (Ariotedjo, Chairman Rans PIK Basketball) sama Presiden kita (Presiden RANS PIK Basketball) Jeremy (Immanuel). Lalu Dukungan temen saya yang merupakan artis papan atas Raffi Ahmad, tentunya tanpa dia namanya bukan RANS PIK Basketball," ujar Charmain RANS PIK Basketball, Rudy Salim.

"Kita tahu RANS Entertainment memiliki ekosistem yang komprehesif mengembangkan bisnis dari lifestyle, entertainment, animasi, hingga sport. Semua ini terjadi karena RANS Entertainment merupakan platform media digital terbesar dengan 120 juta pengikut, dan akan terus berkembang. Dukungan ini menjadi tata perusahaan yang baik dan perusahaan yang akutanbel (untuk RANS Cilegon FC dan Rans PIK Basketball). Nanti juga ada 2,7 hektar yang sedang dibangun untuk fasilitas, ada lapangan bola basket dan sepak bola," lanjutnya.

RANS PIK Basketball
Launching jersey RANS PIK Basketball. (YouTube RANS Entertainment)

Komitmen Memajukan Ekonomi

Tak hanya soal lifestyle dan entertainment, RANS PIK Basketball juga Berkomitmen memajukan ekosistem basket nasional dari segi ekonomi. Misalnya dengan penjualan merchandise dan pembukaan lahan pekerjaan.

"Awalnya saya ngobrol iseng sama Jeremy sore-sore sambil ngopi. Waktu itu kita lagi video call ya A (Raffi Ahmad)? Bikin ide bentuk klub basket, yaudah izin ke Pak ET (Erick Thohir). Kita mendapat semangat dari senior, tinggal yang muda bergerak. Akhirnya, sampai di sini saya senang kita tinggal empat hari lagi berlaga formal di IBL. Kita dari RANS PIK Basketball menciptakan sebuah gebrakan untuk ekosistem basket Indonesia yang lebih baik," kata Chairman RANS PIK Basketball, Dito Ariotedjo.

"Hadirnya Raffi membuat IBL semakin menarik dengan hadirnya Gading (Marten, West Bandits), dan Baim Wong (Satria Muda). Motivasi RANS PIK Basketball menumbuhkan industrinya juga, baik dari segi merchandise hingga menambah lahan pekerjaan. Ekosistem basket akan lebih bagus dan ekonomi yang lebih baik. Ini bisa menjadi sebagai influence bagi generasi muda untuk ke depannya mengembangkan basket Indonesia."

RANS PIK Basketball
Launching jersey RANS PIK Basketball. (YouTube RANS Entertainment)

Dukungan Pemerintah

Pemerintah Republik Indonesia melalui Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, dan Menteri Badan usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendukung klub basket profesional di Indonesia untuk tumbuh. Seperti RANS PIK Basketball.

"Peran pemerintah sangat mendukung dari segi SDM, programnya dari Pak Menpora soal Desain Besar Olahraga Nasional. Jenjangnya dari hulu ke hilir menciptakan atlet basket berbakat nasional. Pemerintah juga men-sponsori liga basket dan sepak bola, dengan hasil dari CSR BUMN. Kompaknya Menteri BUMN dan Menpora juga merupakan sebuah dukungan," kata Zainudin Amali.

"Saya senang hadir dalam acara ini, sebagai pertanda bahwa olahraga basket diminati anak-anak muda. Tadi saya ngobrol sama bang Erick, dia waktu itu satu-satunya yang muda (mengurus basket) lainnya tua. Sekarang penonton yang tua, yang punya anak-anak muda. Pemerintah mendukung upaya ini. Saya bingung Raffi jagonya apa, artis, entertainment, apa olahraga. Ini baru memegang RANS Cilegon langsung juara dua (Liga 2) dan masuk Liga 1. Sekarang ada di basket."

"Saya punya keyakinan kalau dipegang Raffi pasti hidup barangnya. Boa hidup, basket hidip, pasti akan bagus. Pemerintah serius mendukung basket, karena masuk dalam Desian Besar Olahraga Nasional, ada 17 olahraga industri. Kita support atas Dukungan BUMN. Tanpa Dukungan BUMN, kita tidak lebih bagus lagi. Cita-cita Raffi semoga terwujud minimal final, maksimal juara," tambahnya.

RANS PIK Basketball
Launching jersey RANS PIK Basketball. (YouTube RANS Entertainment)

RANS PIK Basketball akan mengahadapi West Bandits dalam laga perdana IBL 2022. Ini merupakan laga pembuka IBL musim ini.

Pertandingan ini sebagai laga dengan tajuk Derbi Andara, karena mempertemukan Raffi Ahmad (RANS PIK Basketball) versus Gading Marten (Presiden West Bandits).

Rans Basketball RANS PIK Basketball IBL Raffi Ahmad Zainudin Amali Menpora Zainudin Amali Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.998

Bagikan