Rapat Exco PSSI Bahas VAR, Ketua Umum Iwan Bule Beri Penjelasan

Frengky AruanFrengky Aruan - Rabu, 06 November 2019
Rapat Exco PSSI Bahas VAR, Ketua Umum Iwan Bule Beri Penjelasan
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. (BolaSkor.com/Hadi F.)

BolaSkor.com - Video Assistant Referee (VAR) menjadi salah satu yang dibahas dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Selasa (5/11) malam. Pembahasan ini sekaligus merespons harapan publik terkait pemakaian VAR, terutama di Liga 1.

Exco PSSI lebih fokus memunculkan Sumber Daya Manusia (SDM) lebih dulu untuk implementasi penggunaan VAR di sepak bola Indonesia. PSSI merencanakan untuk mengadakan pelatihan setidaknya pada awal 2020.

"VAR, ini sudah ditunggu-tunggu, berkali-kali ditanyakan publik. VAR perangkatnya gampang, tapi kita perlu SDM," kata Ketua Umum PSSI terpilih untuk periode 2019-2023, Mochamad Iriawan kepada wartawan.

Baca Juga:

PSSI Akan Putus Kontrak Simon McMenemy, Luis Milla dan Shin Tae-yong Jadi Calon Pengganti

Menguat Jadi Calon Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Sempat Buka Peluang Melatih di Asia Tenggara

PSSI menargetkan VAR sudah dapat digunakan paling cepat akhir 2020. "Kita akan lakukan pelatihan awal tahun, mudah-mudahan akhir tahun VAR bisa dipakai, karena penggunaannya juga memakai earphone dan layar."

"Itu putusan rapat tadi. Mudah-mudahan awal 2021," sambung Iwan Bule, panggilan Komjen Pol Mochamad Iriawan.

Selain VAR, rapat Exco juga membahas rencana untuk menyongsong Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. "Apa saja harus dilakukan PSSI dan apa saja pemerintah harus turun tangan. Karena kita tidak bisa, seperti imigrasi, security, makanya dibahas," ujarnya.

Exco PSSI juga membicarakan soal pelatih Timnas Indonesia. Dua nama, yakni Luis Milla dan Shin Tae-yong menjadi opsi menggantikan Simon McMenemy di Timnas Indonesia.

"Kalau sudah dapat, nggak (menunggu dua tahun kontrak Simon McMenemy), kita langsung saja dengan sesuai aturan, karena mendesak untuk U-20."

Mochamad Iriawan Komjen Pol Mochamad Iriawan VAR Liga 1 Pssi Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan