Rasa Duka Cita dan Perintah Presiden Jokowi Menyusul Insiden di Stadion Kanjuruhan

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 02 Oktober 2022
Rasa Duka Cita dan Perintah Presiden Jokowi Menyusul Insiden di Stadion Kanjuruhan
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. (Istimewa)

BolaSkor.com - Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo menyampaikan duka cita atas tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, yang menelan korban jiwa. Kericuhan terjadi usai laga Arema FC kontra Persebaya Surabaya, yang dimenangi oleh tim tamu.

Suporter Arema FC turun dan merangsek ke dalam lapangan, hingga kericuhan terjadi dan pihak keamanan harus mengeluarkan gas air mata. Ratusan orang meninggal dunia atas tragedi tersebut.

"Saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya 129 orang, saudara-saudara kita dalam tragedi sepak bola di Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Saya telah meminta Menteri Kesehatan dan Gubernur Jawa Timur memonitor khusus pelayanan medis bagi korban yang sedang dirawat di rumah sakit agar mendapatkan pelayanan terbaik," kata Joko Widodo.

Baca Juga:

Arema FC Bertanggung Jawab secara Penuh Terkait Korban Meninggal Dunia

Laga Kontra Persib Ditunda, Persija Menunggu Surat Resmi LIB

Joko Widodo atau Jokowi memerintahkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Kapolri, dan Ketua Umum PSSI untuk melakukan evaluasi. Khusus untuk PSSI diminta agar menghentikan Liga 1 sementara waktu sampai evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan pertandingan dilakukan.

"Saya juga sudah perintahkan kepada Menpora, Kapolri, dan Ketua Umum PSSI, untuk melakukan evaluasi menyeluruh tentang pelaksanaan pertandingan sepak bola dan prosedur pengamanan penyelenggaraan."

"Khusus kepada Kapolri, saya meminta melakukan investigasi dan mengusut tuntas kasus ini. Untuk itu, saya juga memerintahkan PSSI untuk menghentikan sementara Liga 1 sampai evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan dilakukan."

"Saya menyesalkan terjadinya tragedi ini dan saya berharap ini adalah tragedi terakhir sepak bola di tanah air. Jangan sampai ada lagi tragedi kemanusiaan seperti ini di masa akan datang. Sportifitas, rasa kemanusiaan, dan rasa persaudaraan bangsa Indonesia harus terus kita jaga bersama," sambung Presiden Jokowi.

Joko widodo Jokowi Pssi Menpora Liga 1 Breaking News Arema FC
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan