BolaSkor.com - Dua pembalap Suzuki, Alex Rins dan Joan Mir, plus pembalap penguji, Sylvain Guintoli memanfaatkan sesi tes terakhir MotoGP tahun 2018 di Jerez, Spanyol, beberapa waktu lalu, dengan mencoba banyak komponen baru pada motor.

Agenda terbesar adalah mengkonfirmasi desain mesin. Maklum dengan keberhasilan Suzuki meraih sembilan podium tahun ini, artinya mereka kehilangan konsesi untuk memodifikasi mesin sepanjang MotoGP 2019.

Baca Juga:

Kelemahan Motor Yamaha Versi Morbidelli Sama dengan Rossi dan Vinales

Kunci Sukses Suzuki Raih Total 9 Podium di MotoGP 2018

Alex Rins
Alex Rins (Zimbio)

Kali terakhir hal ini terjadi pada tahun 2017. Kala itu tim memilih karakteristik mesin yang salah. Imbasnya duet Rins dan Andrea Iannone gagal naik podium sekalipun.

Kini rasa takut tim Suzuki episode tahun 2017 terulang musim depan begitu besar. Meskipun tim pabrikan asal Jepang itu bakal berusaha keras untuk memastikan kesalahan sama tidak terjadi lagi.

"Kehilangan konsesi membuat kerja kami selama sesi tes menjadi lebih penting. Karena sekali saja kami memilih mesin, maka pilihan tersebut bakal digunakan selama satu musim," kata Guintoli.

Kabar baiknya, Rins menceritakan ketika mencoba mesin baru yang dipersiapkan untuk musim 2019, perasaanya begitu positif. Meskipun ia turut menegaskan proses pemilihan mesin belum finalisasi.

"Tes Jerez berjalan begitu positif. Karena kami mencoba semuanya. Sasis baru, mesin baru, dan melakukan banyak perbandingan," Rins menuturkan.

"Kami belum menyelesaikannya. Tapi teknisi sedang bekerja keras. Kami merasa bisa memiliki motor kompetitif," lanjut pembalap asal Spanyol tersebut.*

Baca Berita Selengkapnya soal MotoGP Lainnya di KabarOto.com