Rataan Usia Pemain Asing 25 Tahun, Persebaya Berinvestasi Jangka Panjang

Frengky AruanFrengky Aruan - Sabtu, 12 Juni 2021
Rataan Usia Pemain Asing 25 Tahun, Persebaya Berinvestasi Jangka Panjang
Jose Wilkson dan Taisei Marukawa. (persebaya.id)

BolaSkor.com - Persebaya Surabaya cukup berani memakai jasa pemain asing dengan usia muda menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2021-2022, . Semua masih dalam usia emas. Bahkan, Bruno Moreira Soares dan Taisei Marukawa, masih sangat muda.

Pelatih Persebaya Aji Santoso mengatakan alasan memilih komposisi pemain impor yang masih memasuki usia emas adalah agar bisa berkontribusi pada tim dalam jangka waktu yang lama. Dia juga mulai melihat masa depan Persebaya harus mulai dibangun sejak tahun ini. Selain itu, rentang usia yang tidak terlalu jauh diharapkan bisa membuat para pemain asing muda beradaptasi dengan pemain lokal.

"Yang tak kalah penting adalah investasi. Seperti halnya pemain lokal, kebijakan pada pemain asing kurang lebih sama. Kita cari dan pilih yang memiliki prospek," ujar Aji.

Baca Juga:

Persela Lamongan Cari Suksesor Eky Taufik

Tinjau Fasilitas, Investor PSIS Semarang Tegaskan Dukungan Finansial

Empat pemain asing yang didatangkan Persebaya memang berusia dibawah 30 tahun. Umur dari Bruno Moreira malah 22 tahun, Taisei Marukawa (24 tahun), Alie Sesay (26 tahun), dan Jose Wilkson Teixeira Rocha (29 tahun). Rataan usia mereka 25,25 tahun. Bruno Moreira menjadi pemain asing termuda musim ini. Sepanjang sejarah Persebaya diketahui beberapa kali merekrut pemain asing berusia muda. Mereka adalah Roni Pereira (Brazil/21 tahun) pada musim 2001, Zeng Cheng (Tiongkok/18 tahun) pada musim 2005.

"Yang jelas pemain-pemain asing di bawah 30 tahun bahkan Bruno juga kelahiran 1999 (22 tahun), artinya di usia ini mereka masih dalam kondisi puncak. Itu yang salah satu menjadi pertimbangan saya," ungkap Aji.

Kendati demikian, para pemain tersebut dikontrak untuk semusim. Pelatih asli Kepanjen, Kabupaten Malang tersebut berdalih itu bagian dari strategi. Dia mengaku ingin melihat dulu kemampuan sang pemain beradaptasi di kompetisi Indonesia. Bila memang memenuhi kualifikasinya, mereka pasti disodori kontrak lagi.

"Jadi, kita punya opsi perpanjangan di musim berikutnya. Lagi pula, cukup riskan dalam situasi seperti sekarang ini kalau kami memberikan kontrak jangka panjang. Semua masih belum pasti kondisinya, termasuk kompetisi kita," beber Aji.

"Kalau bermain bagus musim ini tentu sudah enak karena tak perlu cari pemain asing lagi, tinggal meneruskan. Itu tujuan saya kenapa mencari pemain asing yang usianya di bawah 30 tahun," pungkas pelatih 51 tahun itu.

Sementara itu, di jajaran pemain lokal, Persebaya memiliki 12 pemain yang berusia dibawah 23 tahun. Ada nama Ernando Ari Sutaryadi (19), Andhika Ramadhani (22), Rachmat Irianto (21), Rizky Ridho Ramadhani (19), Koko Ari Araya (21), Arizky Wahyu (22). Belum lagi ada nama M. Alwi Slamat (22), Hambali Tolib (20), wonderkid Marselino Ferdinan (16), Dicky Kurniawan (19), Supriadi (19), Akbar Firmansyah (19). Ditambah Ruy Arianto (17) dan Fernando Pamungkas (18) yang mendapat kontrak jangka panjang bersama Persebaya. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Persebaya surabaya Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan