Ratu Tisha: Penerapan VAR di Liga 1 Butuh 1,5 Tahun untuk Persiapan

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Senin, 17 Juni 2019
Ratu Tisha: Penerapan VAR di Liga 1 Butuh 1,5 Tahun untuk Persiapan
Sekretaris Jendral (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

BolaSkor.com – Sepertinya publik sepak bola di Indonesia harus menunggu lebih lama untuk bisa menyaksikan Liga 1 2019 menggunakan Video Assistant Referee (VAR). PSSI menyebut penerapan VAR membutuhkan waktu yang panjang.

PSSI sebelumnya sudah menginstruksikan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk menggunakan VAR di Liga 1 2019. PSSI ingin meminimalisir kesalahan wasit pada Liga 1 2019.

Akan tetapi, Sekretaris Jendral (sekjen) PSSI Ratu Tisha mengatakan bahwa penggunaan VAR membutuhkan persiapan 1,5 tahun. Itu setelah berkonsultasi dengan FIFA.

Selain itu ada 18 kriteria yang harus dipenuhi sesuai dengan badan asosiasi sepakbola internasional (IFAB) dan pada saat penggunaan VAR tersebut harus ada tiga operator yang harus selalu stand by untuk mengawasi.

Baca Juga:

Manajer Persija Jakarta Setuju Liga 1 Menggunakan VAR

PSSI Kaji Penggunaan VAR dan Lakukan Evaluasi Wasit Liga 1 2019

"Coba dipahami, download macam-macam. Pada bukunya IFAB itu ada step yang harus dipenuhi. Itu minimal mereka harus ada tiga operator di balik layar, yaitu dua di antaranya harus wasit yang sudah berlatih soal VAR dan kemudian ada wasit (tidak harus berlisensi FIFA) yang memang sudah dilatih dalam hal penggunaaan alat komunikasi yang terhubung dengan VAR," kata Tisha.

"Jadi dalam satu laga saja kita minimal butuh 4 wasit. Ada cadangan 1 untuk asisten wasit. Dengan VAR, tambah di belakang dua wasit. Jadi harus ada 7 wasit per laga yang sudah dilatih selama kurang lebih 6 sampai 8 bulan oleh FIFA," tambahnya.

Ratu Tisha mengatakan bakal melakukan pelatihan terhadap wasit Indonesia terkait penerapan VAR. Ia menginginkan seluruh pengadil lapangan mengerti seutuhnya ketika menjalankan teknologi tersebut.

"Iya betul, tahun ini kami akan adakan kursus untuk wasit-wasit tentang VAR. Jadi memang harus benar-benar menunggu untuk penggunaan VAR ini," ujar wanita berusia 32 tahun tersebut.

Liga 1 Liga 1 2019 VAR Ratu Tisha Destria
Posts

4.871

Bagikan