BolaSkor.com - Inggris tak memiliki tradisi bagus dalam mengorbitkan kiper dengan kelas dunia seperti halnya Italia, setidaknya jika melihatnya di era sepak bola modern. Namun di masa lalu Inggris punya kiper-kiper legendaris.

Saking bagusnya penjaga gawang asal Negeri Ratu Elisabeth di masa lalu, kiper sekaliber Ray Clemence sampai menjadi cadangan di timnas Inggris karena mereka punya kiper yang tak kalah bagusnya: Peter Shilton.

Generasi emas kiper Inggris pada eranya kian lama terkikis. Baru-baru ini kabar duka datang dari Ray Clemence yang meninggal dunia setelah 15 tahun bertarung melawan kanker. Kabar duka itu terjadi setahun setelah Gordon Banks meninggal dunia.

Baca Juga:

Gordon Banks dan Penyelamatan Ajaib yang Melawan Gravitasi

Ray Clemence, Sosok Pria Sejati, Sahabat Peter Shilton yang Dicintai Banyak Orang

Berjuang 15 Tahun Melawan Kanker, Legenda Liverpool dan Inggris Meninggal Dunia

Clemence adalah legenda bagi Liverpool, Tottenham Hotspur, dan Inggris, sementara Banks bagi Leicester City dan Stoke City. Melihat barisan kiper legendaris itu di skuad Inggris saat ini sulit terjadi.

Bukan karena kiper-kiper sekarang tak berkualitas, namun untuk rata-rata kiper di Inggris mereka bagus namun tidak di level dunia. Selain Jordan Pickford kiper lainnya berada di level yang sama seperti Nick Pope, Jack Butland, dan Tom Heaton.

Tak ayal cukup menarik untuk membahas kiper-kiper legendaris yang pernah dimiliki Inggris di masa lalu. BolaSkor.com akan membahas dari Gordon Banks, Ray Clemence dll, berikut ulasannya:

1. Gordon Banks

Gordon Banks

Kariernya di level klub dihiasi bersama Leicester dan Stoke dari 1959 hingga 1973, sementara debutnya di Piala Dunia terjadi pada 1966. Debutnya menjadi impian karena Gordon Banks memenangi Piala Dunia bersama Inggris dan jadi satu-satunya trofi turnamen besar yang diraih mereka sampai saat ini.

Pengemas 73 caps dengan timnas Inggris punya refleks cepat dan cepat dalam menangkis bola yang datang. Pada Piala Dunia 1970 Banks terkenal kala menepis tandukan bola dari ikon Brasil Pele. Dari 73 caps Banks menorehkan 35 clean sheets.

Banks meninggal dunia kala sedang tidur pada 12 Februari 2019 pada usia 81 tahun. Banks masih dianggap salah satu kiper terbaik yang pernah dimiliki Inggris.

2. Peter Shilton

Peter Shilton

Memiliki persentase clean sheets 52,8 persen dengan 125 penampilan bersama timnas Inggris. Peter Shilton mengawal gawang Inggris dari 1970 hingga 1990 dan di level klub pernah membela Leicester, Stoke, Nottingham Forest, Southampton, dan Derby County.

Peter Shilton juga menjadi salah satu kiper legendaris asal Inggris dengan penempatan posisi bagus, refleks cekatan, dan pandai dalam menghentikan bola dari lawan ketika berduel. Shilton ada dalam skuad Piala Dunia 1990 Inggris yang mencapai semifinal.

Shilton berhenti bermain pada 1997 dengan Leyton Orient dan kini berusia 71 tahun.

3. David Seaman

David Seaman

Legenda Arsenal medio 1990-2003. David Seaman memiliki 75 caps dengan timnas Inggris (1988-2002) dan identik dengan rambut kuncir kuda kala masih aktif bermain. Seaman memiliki refleks cepat dan pandai membaca arah bola yang datang.

Seaman memenangi tiga titel liga bersama Arsenal, empat titel Piala FA, dan satu Piala Liga. Seaman pensiun bermain pada 2004 dengan Manchester City dan kini pria berusia 57 tahun menjadi pandit sepak bola.

4. Ray Clemence

Ray Clemence

Salah satu kiper legendaris Liverpool yang berada di bawah bayang-bayang Shilton di timnas Inggris. Wajar jika Ray Clemence hanya punya 61 caps dengan Inggris (1972-1983), meski begitu persaingan itu tak membuat hubungannya dengan Shilton tak akur.

Justru keduanya bersahabat dan Clemence melanjutkan pekerjaannya sebagai staf pelatih Inggris serta Kepala Pengembangan di FA. Clemence sangat sukses bersama Liverpool.

Gaya bermainnya sebagai kiper dapat digambarkan sebagai penjaga gawang yang selalu berada di tempat dan waktu yang tepat: punya penempatan posisi bagus. Pertahanan Liverpool dan Inggris aman kala Clemence bermain.

Clemence meninggal dunia pada usia 72 tahun pada 15 November 2020 karena kanker.