BolaSkor.com - Paris Saint-Germain (PSG) tampil digdaya ketika berhadapan dengan RB Leipzig pada semifinal Liga Champions 2019-2020 di Estadio da Luz, Rabu (19/8) dini hari WIB. Les Parisiens mampu menang mutlak dengan skor 3-0 untuk melaju ke final.

PSG langsung mengancam gawang Leipzig saat laga memasuki menit keenam. Sayang sontekan Neymar memanfaatkan umpan matang Kylian Mbappe hanya menerpa tiang gawang.

Tujuh menit kemudian, PSG akhirnya bisa memecah kebuntuan. Umpan silang Angel Di Maria dari skema tendangan bebas mampu disundul Marquinhos ke gawang Leipzig tanpa bisa diantisipasi Peter Gulacsi.

Baca Juga:

Neymar dan Memori Tak Menyenangkan dengan Bjorn Kuipers, Wasit Duel RB Leipzig Vs PSG

Tiga Pelatih dari Jerman di Semifinal Liga Champions: Hennes-Weisweller dan Jalan Karier yang Sama

Manchester City Masih Loyo di Liga Champions, Xavi Ungkap Obatnya

Marquinhos membuka keunggulan PSG

Setelah tertinggal, Leipzig lebih bermain menyerang. Hal itu membuat laga berlangsung menarik karena PSG juga meladeninya.

Leipzig hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-25 lewat skema serangan balik. Namun sambaran Yussuf Poulsen menyambut umpan matang Dani Olmo hanya melebar tipis dari gawang PSG kawalan Sergio Rico.

Sepuluh menit berselang, giliran PSG yang mendapat peluang emas. Kali ini eksekusi tendangan bebas Neymar dari jarak jauh hanya membentur tiang gawang.

Sebuah blunder Gulacsi dalam membuang bola pada menit ke-42 akhirnya membuat gawang Leipzig kembali kebobolan. Kali ini Di Maria yang mencatatkan namanya di papan skor lewat tendangan dari jarak dekat.

Skor 2-0 untuk keunggulan PSG bertahan hingga jeda. Tim asuhan Thomas Tuchel itu berada di atas.

Pada babak kedua, Leipzig coba melakukan sejumlah perubahan. Julian Nagelsmann memasukkan Emil Forsberg dan Patrik Schick untuk menambah daya gedor.

Leipzig langsung mengambil inisiatif serangan demi mengejar ketertinggalan. Sejumlah peluang didapatkan wakil Jerman tersebut.

Namun justru PSG yang sukses mencuri gol untuk memperlebar keunggulan menjadi 3-0. Juan Bernat membobol gawang Leipzig lewat sundulan pada menit ke-56.

Tertinggal dengan jarak yang cukup jauh tidak membuat Leipzig patah semangat. Die Bullen terus berusaha menggempur pertahanan PSG untuk setidaknya memperkecil kedudukan.

Beberapa peluang Leipzig lewat tendangan jarak jauh sempat mengancam gawang PSG. Namun kesigapan Sergio Rico di bawah mistar membuat semua itu menjadi sia-sia.

PSG akhirnya bisa mempertahankan kemenangannya hingga pertandingan usai dan melaju ke partai puncak. Ini merupakan kali pertama sepanjang sejarah mereka tampil di laga final kompetisi Eropa.

Susunan pemain

RB Leipzig (3-4-2-1): Peter Gulacsi; Nordi Mukiele, Dayot Upamecano, Lukas Klostermann (Willi Orban 83'); Konrad Laimer (Marcel Halstenberg 62'), Kevin Kampl (Tyler Adams 64'), Marcel Sabitzer, Angelino; Daniel Olmo (Patrik Schick 46'), Christopher Nkunku (Emil Forsberg 46'); Yussuf Poulsen.

Pelatih: Julian Nagelsmann.

PSG (4-3-3): Sergio Rico; Thilo Kehrer, Thiago Silva, Presnel Kimpembe, Juan Bernat; Ander Herrera (Marco Verratti 83'), Marquinhos, Leandro Paredes (Julian Draxler 83'); Angel Di Maria (Pablo Sarabia 87'), Kylian Mbappe (Eric Choupo-Moting 86'), Neymar.

Pelatih: Thomas Tuchel.