BolaSkor.com - Dua laga beruntun El Clasico antara Real Madrid kontra Barcelona telah berakhir di Santiago Bernabeu. Dalam dua laga itu El Real jadi pihak yang menerima dua kekalahan beruntun dari seteru abadinya tersebut.

Teranyar, pada pekan 26 LaLiga, Madrid kembali takluk 0-1 dari Barcelona, Minggu (3/3) dini hari WIB, setelah sebelumnya dilumat 0-3 di leg kedua semifinal Copa del Rey 2018-19. Barcelona langsung 'membunuh' dua kans Madrid di dua kompetisi.

Selain menyingkirkan mereka dari Copa del Rey, Barcelona juga secara tidak langsung mencoret Madrid dari perburuan titel LaLiga karena sekarang ini mereka hanya ada di peringkat tiga klasemen dengan perolehan 48 poin, terpaut 12 poin dari Barcelona di puncak klasemen.

Kemenangan semakin terasa spesial bagi Barcelona, karena itu jadi kemenangan bersejarah bagi tim asal Katalunya di Clasico. Setelah 242 kali bertemu, Barcelona untuk kali pertama selama 87 tahun jadi tim yang unggul dari jumlah kemenangan atas Madrid.

Baca Juga:

Makna El Clasico Bagi Gelandang Barcelona, Ivan Rakitic

Legenda Barcelona Maklumi Real Madrid Kangen Cristiano Ronaldo

Prediksi Real Madrid Vs Barcelona: Tak Sekadar Misi Balas Dendam

Lionel Messi dan Ivan Rakitic

Barcelona sudah meraih kemenangan sebanyak 96 kali, sementara Madrid 95, sisanya sebanyak 51 kali berakhir imbang. 802 gol juga tercipta di El Clasico dengan rincian: 403 gol Madrid dan 399 gol Barcelona.

Itu artinya era Lionel Messi dkk menjadi pemecah rekor sekaligus pengukir sejarah baru di Clasico. Madrid tidak lagi terlalu superior bagi Barcelona dalam sejarah besar kedua klub.

Satu-satunya gol di pertandingan dini hari tadi dicetak oleh gelandang asal Kroasia, Ivan Rakitic. Menerima operan Sergi Roberto, Rakitic berlari melewati Sergio Ramos dan men-chip bola melewati Thibaut Courtois di menit 26.

Barca berhasil meredam permainan tuan rumah dengan keunggulan penguasaan bola 52 berbanding 48 persen. Barca melepaskan total 10 tendangan dan empat tepat sasaran, sedangkan Madrid 17 tendangan dan tiga tepat sasaran.

Beberapa peluang emas yang gagal menjadi gol dicatatkan kala peluang dari Vinicius digagalkan oleh Marc-Andre ter Stegen. Pun demikian peluang dari Luis Suarez yang ditepis Courtois.

Lagi, pada pertandingan ini, Gareth Bale menjadi sasaran kekecewaan fans tuan rumah. Sekedar informasi, kala Bale bermain di lima laga kandang terakhir Clasico, Madrid selalu jadi tim yang kalah.

"Tidak banyak tim di dunia yang bisa menang di sini (Santiago Bernabeu) dua kali dalam tiga hari. Kami sangat bangga dengan pekerjaan yang kami lakukan. Kemenangan ini layak (diraih), kami harus bertarung dan kami melakukannya," tutur Rakitic di Marca.

Susunan Pemain:

Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Sergio Reguilon, Sergio Ramos, Raphael Varane, Dani Carvajal; Toni Kroos (Fede Valverde 55'), Casemiro (Isco 76'), Luka Modric; Vinicius Junior, Karim Benzema, Gareth Bale (Marco Asensio 61')

Pelatih: Santiago Solari

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Jordi Alba, Clement Lenglet, Gerard Pique, Sergi Roberto, Arthur (Arturo Vidal 71'), Sergio Busquets (Nelson Semedo 90+2'), Ivan Rakitic; Ousmane Dembele (Philippe Coutinho 78'), Luis Suarez, Lionel Messi

Pelatih: Ernersto Valverde