Real Madrid 0-3 CSKA Moscow: Kekalahan Kandang Terparah El Real di Liga Champions

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 13 Desember 2018
Real Madrid 0-3 CSKA Moscow: Kekalahan Kandang Terparah El Real di Liga Champions
CSKA menang 3-0 atas Real Madrid (Foto: @ChampionsLeague)

BolaSkor.com – Cinta yang besar tentu dirasakan fans Rusia setelah melihat kehebatan tim kesayangan mereka, CSKA Moscow, menaklukkan Real Madrid tiga gol tanpa balas di Santiago Bernabeu. Juara bertahan tiga kali beruntun Liga Champions takluk di laga terakhir grup G, Kamis (13/12) dini hari WIB.

Memang, laga itu tak lagi menentukan apapun karena Madrid telah lolos ke-16 besar dengan AS Roma. Tapi, kekalahan 0-3 dari CSKA tentunya bukan hal yang bisa diterima publik Santiago Bernabeu.

Sedari awal laga, Santiago Solari banyak menurunkan pemain muda minim pengalaman seperti Javi Sanchez, Jesus Vallejo, Alvaro Odriozola, Federico Valverde, dan Vinicius Junior.

CSKA asuhan Viktor Goncharenko masih punya target untuk finish di peringkat tiga dan bermain di Liga Europa. Permainan mereka jauh lebih terorganisir dan terencana baik ketimbang Madrid.

Baca Juga:

Real Madrid Vs CSKA Moscow: Momen Merajut Hubungan Solari dengan Isco

Mantan Kapten Real Madrid Samai Rekor Cristiano Ronaldo di Liga Champions

Madrid punya cukup peluang untuk menjebol gawang Igor Akinfeev. Namun, penyelesaian akhir mereka jauh dari sempurna. Tiap kegagalan Madrid mencetak gol dibalas dengan serangan balik berbahaya CSKA.

Terbukti, di menit 37 Fedor Chalov mencetak gol dengan sempurna kala mengakhiri serangan balik CSKA. Sempat mengontrol bola dengan tenang dan mengelabui lini belakang Madrid, Chalov menempatkan bola ke kanan gawang Madrid tanpa bisa diantisipasi Thibaut Courtois. 1-0 CSKA unggul.

Kemalangan semakin bertambah bagi Madrid saat laga memasuki menit 43. Pertahanan Madrid tampak panik mengantisipasi serangan balik dan permainan direct (langsung) CSKA.

Bola liar yang sempat diblok Courtois kala coba menyelamatkan peluang dari Chalov, disambar oleh Georgy Schennikov tanpa mampu diantisipasi lini bertahan Madrid. CSKA unggul 2-0 di paruh pertama.

Di babak kedua Solari coba memasukkan pemain senior untuk mengejar ketertinggalan. Toni Kroos dan Gareth Bale turun dari bangku cadangan. Akan tapi, Madrid sudah kadung dibuat kesulitan mencetak gol karena rapatnya pertahanan CSKA.

Alhasil, penguasaan bola yang diperlihatkan Madrid terasa hambar karena tak ada satu pun yang berbuah gol. Malah, CSKA yang menyempurnakan kemenangan mereka dengan gol ketiga yang diciptakan di menit 73.

Amor Sigurdsson melesakkan gol dari luar kotak penalti ke sisi kanan gawang Madrid tanpa mampu diantisipasi oleh Courtois. Kedudukan menjadi 3-0 dan sampai babak kedua berakhir, kedudukan itu bertahan hingga laga bubar.

CSKA gagal finish di peringkat tiga karena di laga lainnya, Viktoria Plzen menang 2-1 melawan Roma. Posisi akhir grup G menjadi seperti ini: Madrid (12 poin), Roma (sembilan poin), Plzen (tujuh poin), dan CSKA (tujuh poin).

Susunan Pemain:

Real Madrid (4-2-3-1): Thibaut Courtois; Alvaro Odriozola, Jesus Vallejo, Javi Sanchez, Marcelo (Dani Carvajal 74’); Marcos Llorente (Toni Kroos 58’), Federico Valverde; Marco Asensio, Isco, Vinicius Junior; Karim Benzema (Gareth Bale 46’).

Pemain Cadangan: Keylor Navas, Daniel Carvajal, Raphael Varane, Toni Kroos, Luka Modric, Gareth Bale, Lucas Vazquez.

Pelatih: Santiago Solari

CSKA Moscow (3-4-3): Igor Akinfeev; Kirill Nababkin, Rodrigo Becao, Hordur Magnusson; Mario Fernandes, Kristijan Bistrovic, Nikola Vlasic, Georgy Schennikov; Ivan Oblyakov (Konstantin Kuchaev 89’), Amor Sigurdsson (Takuma Nishimura 90+4’), Fedor Chalov (Abel Hernandez 84’).

Pemain Cadangan: Ilya Pomazun, Nikita Chernov, Abel Hernandez, Takuma Nishimura, Konstantin Kuchaev, Jaka Bijol, Timur Zhamaletdinov.

Pelatih: Viktor Goncharenko

Breaking News Real Madrid Liga Champions CSKA Moskow Santiago bernabeu
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.165

Bagikan