Real Madrid 1-3 Barcelona: Xavi Hernandez Persembahkan Gelar Perdana

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 16 Januari 2023
Real Madrid 1-3 Barcelona: Xavi Hernandez Persembahkan Gelar Perdana
Barcelona juara Piala Super Spanyol (@FCBarcelona)

BolaSkor.com - Barcelona sukses mengalahkan Real Madrid pada laga final Piala Super Spanyol 2023. Xavi Hernandez pun mempersembahkan trofi perdananya sebagai pelatih El Barca.

Dalam laga yang berlangsung di King Fahd International Stadium, Senin (16/1) dini hari WIB, Barcelona mengalahkan Madrid dengan skor 3-1. Gavi menjadi bintang kemenangan dengan koleksi satu gol dan dua assist.

Barcelona tampil dominan sejak awal pertandingan. Pressing tinggi yang diterapkan Blaugrana membuat Madrid kesulitan mengembangkan permainan.

Baca Juga:

Menilik Rekam Jejak Ketajaman Robert Lewandowski Melawan Real Madrid

5 Momen Paling Kontroversial Sepanjang Sejarah El Clasico

Piala Super Spanyol: Tantang Real Madrid, Xavi Hernandez Tebar Ancaman

Robert Lewandowski nyaris memecah kebuntuan pada menit ke-12. Sayang, tembakannya masih mampu ditepis Thibaut Courtois dan membentur tiang.

Barcelona akhirnya berhasil membobol gawang Madrid pada menit ke-33. Gavi dengan tenang menaklukkan Courtois usai mendapat umpan matang dari Lewandowski.

Gol ini juga berawal dari kesuksesan pemain Barcelona merebut bola di daerah pertahanan Madrid. Hal itu membuat banyak celah terbuka yang bisa dimanfaatkan.

Jelang babak pertama berakhir, Barcelona sukses menggandakan keunggulan. Kali ini giliran Gavi yang memberikan umpan matang untuk memudahkan Lewandowski mencetak gol.

Skor 2-0 untuk keunggulan Barcelona bertahan hingga jeda. Madrid benar-benar berada di bawah tekanan.

Pelatih Madrid, Carlo Ancelotti, merespons kondisi ini dengan melakukan pergantian pemain pada awal babak kedua. Rodrygo dimasukkan untuk menggantikan Eduardo Camavinga.

Namun perubahan ini tak otomatis membuat Madrid jadi tampil lebih baik. Terbukti, Barcelona masih mendominasi penguasaan bola pada paruh kedua.

Gawang Madrid harus kebobolan untuk ketiga kalinya pada menit ke-69. Kali ini Gavi kembali beraksi dengan memberikan umpan matang untuk diselesaikan Pedri.

Setelah unggul tiga gol, Barcelona mulai mengendurkan tekanan. Hal ini dimanfaatkan Madrid untuk balik menekan.

Namun gol yang ditunggu Madrid baru tercipta pada masa injury time. Karim Benzema akhirnya berhasil membobol gawang Barcelona untuk mengubah skor menjadi 1-3 dari jarak dekat melalui bola rebound usai sontekannya lebih dulu dihalau Marc-Andre ter Stegen.

Gol balasan tersebut tak berarti banyak. Barcelona mampu mengunci gelar juara karena skor 3-1 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir.

Susunan Pemain

Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Dani Carvajal (Nacho Fernandez 72'), Eder Militao, Antonio Rudiger, Ferland Mendy; Luka Modric (Dani Ceballos 65'), Toni Kroos (Marco Asensio 72'), Eduardo Camavinga (Rodrygo 46'); Federico Valverde, Karim Benzema, Vinicius Junior.

Pelatih: Carlo Ancelotti.

Barcelona (4-2-3-1): Marc-Andre ter Stegen; Ronald Araujo (Eric Garcia 87'), Jules Kounde, Andreas Christensen, Alejandro Balde; Sergio Busquets, Frenkie de Jong (Franck Kessie 87'); Ousmane Dembele (Raphinha 78'), Pedri (Sergi Roberto 90'), Gavi (Ansu Fati 90'); Robert Lewandowski.

Pelatih: Xavi Hernandez.

Barcelona Real Madrid Piala Super Spanyol Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan