BolaSkor.com - El Clasico jilid pertama musim 2022-23 menjadi milik Real Madrid. Los Blancos menuai tiga poin usai melibas Barcelona 3-1 pada laga di Estadio Santiago Bernabeu, Minggu (16/10) malam WIB.

El Clasico ini sangat vital bagi kedua tim karena akan menjadi penentu siapa yang berhak memimpin klasemen sementara LaLiga.

Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, mengusung formasi 4-3-3 dalam pertandingan ini. Dia menampilkan trio lini depan yang terdiri dari Federico Valverde, Karim Benzema, dan Vinícius Junior. Ketiganya ditopang barisan tengah Luka Modric, Aurelien Tchouameni, dan Toni Kroos.

Baca Juga:

Sanchez Martinez, Wasit Terbaik untuk Pimpin El Clasico

Real Madrid Vs Barcelona: Membedah Kekuatan Setiap Lini

El Clasico dalam Angka

Sementara di kubu Barcelona, pelatih Xavi Hernandez juga menerapkan formasi 4-3-3. Dia menampilkan formasi lini depan yang terdiri dari Raphinha, Robert Lewandowski, Ousmane Dembélé.

Barcelona membuat tekanan saat pertandingan baru berjalan lima menit. Raphinha melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Namun bola tendangan pemain Brasil ini mampu ditangkap dengan baik oleh kiper Real Madrid Andriy Lunin.

Madrid sedikit unggul dalam penguasaan bola pada laga El Clasico ke-250 ini. Upaya Real Madrid menjebol gawang Barcelona akhirnya terwujud pada menit ke-12 berkat aksi Karim Benzema.

Penyerang asal Prancis ini bereaksi dengan cepat atas bola yang lepas dari lawan dan menempatkan bola ke sisi kiri gawang dan memperdaya kiper Marc Andre ter Stegen.

Barcelona kemudian berupaya mencetak gol balasan. Upaya mereka nyaris berhasil ketika Robert Lewandowski emndapat peluang pada menit ke-26. Striker asal Poalndia ini seharus bisa mencetak gol penyeimbang dari posisinya itu. Namun sayang bola hasil eksekusinya melebar dari gawang.

Real Madrid menambah keunggulan menjadi 2-0 atas Barcelona melalui gol yang dicetak Federico Valverde pada menit ke-35 lewat tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti.

Barcelona meencoba menipiskan jarak. Namun hingga babak pertama selesai, mereka masih tertinggal 0-2.

Babak kedua baru berjalan lima menit, tuan rumah nyaris menambah gol. Namun bola sepakan Tonui Kroos masih melambung.

Selang dua menit kemudian, Madrid berhasil menggetarkan gawang Barcelona. Tetapi wasit menganggap tidak terjadi gol karena Benzema dalam posisi offside.

Setelah melakukan beberapa pergantian pemain, Barcelona makin kencang menyerang. Usaha Barcelona tidak sia-sia.

Barcelona memperkecil ketinggalan oada menit ke-83. Gol Barcelona dilesakkan Ferran Torres. Gol berawal dari tekanan Robert Lewandowski yang mengalirkan bola kepada Ferran Torres.

Saat Barcelona ngotot menyamakan keadaan, Real Madrid mendapatkan penalti pada menit kedua tambahan waktu. Setelah melihat VAR, wasit menilai ada pelanggaran yang dilakukan Eric Garcia terhadap Rodrygo.

Tanpa ampun, Rodrygo yang menjadi algojo menjebol gawang Barcelona. Gol yang sekaligus memastikan tiga poin bagi Real Madrid.

Laga berakhir 3-1 untuk Real Madrid. Berkat kemenangan ini Madrid naik ke puncak klasemen sementara LaLiga dengan raihan 25 poin dari sembilan laga. Mereka unggul tiga poin atas Barcelona.

Susunan Pemain:

REAL MADRID (4-3-3): Andriy Lunin; Dani Carvajal (Rudiger 88), Eder Militao, David Alaba, Ferland Mendy; Luka Modric (Camavinga 78), Aurelien Tchouameni, Toni Kroos; Federico Valverde, Karim Benzema (Asencio 88), Vinicius Junior (Rodrygo 84)

BARCELONA (4-3-3): Marc-Andre Ter Stegen; Sergi Roberto, Jules Kounde, Eric Garcia, Alejandro Balde (Jordi Alba 60); Frenkie de Jong, Sergio Busquets (Gavi 60), Pedri (Kessie 84); Raphinha (Ferran Torres 60), Robert Lewandowski, Ousmane Dembele (Fati 73)