BolaSkor.com - Real Madrid meraih titel pertamanya musim ini. Los Blancos keluar sebagai pemenang di Derby Madrid melawan Atletico Madrid pada final Piala Super Spanyol yang berlangsung di King Abdullah Sports City, Arab Saudi, Senin (13/01) dini hari WIB.

Real Madrid arahan Zinedine Zidane tetap mengandalkan taktik lima gelandang dengan memainkan Luka Modric, Isco, Federico Valverde, Casemiro, dan Toni Kroos di lini tengah.

Sementara Atletico Madrid asuhan Diego Simeone turun dengan formasi 4-4-2 dengan mengandalkan Joao Felix dan Alvaro Morata di lini depan. Sedari awal pertandingan dimulai Real Madrid sudah mengambilalih permainan dengan dominasi penguasaan bola sebesar 66 persen berbanding 34 persen.

Atletico, tipikal gaya bermain Simeone, memang lebih banyak bertahan. Tapi serangan balik mereka tetap memberikan ancaman bagi pertahanan Real Madrid. Kedua tim menciptakan banyak peluang di babak pertama dan tidak dapat menyelesaikan satu pun menjadi gol.

Baca Juga:

Kisah Miris di Balik Gemerlap Piala Super Spanyol

5 Fakta Menarik Final Piala Super Spanyol

Real Madrid Vs Atletico Madrid: Kans Sang Mantan Menyakiti El Real

Thibaut Courtois dan Jan Oblak, kiper kedua tim, dipaksa melakukan sejumlah penyelamatan dari peluang yang diciptakan Joao Felix dan Casemiro. Babak pertama berakhir tanpa gol.

El Derbi Madrileno

Pun demikian di babak kedua. Real Madrid dibuat frustrasi menembus ketatnya pertahanan Atletico. Belum lagi dengan penampilan heroik Jan Oblak ketika menjaga gawangnya. Laga berlanjut hingga babak tambahan.

Drama terjadi di babak tambahan karena Madrid harus bermain dengan 10 pemain ketika Valverde menjatuhkan Morata di menit 115. Valverde melakukan profesional foul (pelanggaran profesional) karena Morata sudah berlari melewati pertahanan dan tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Courtois.

Siapa sangka keputusan Valverde itu tepat karena Atletico tak mampu mencetak gol dengan keunggulan pemain yang mereka miliki. Malah di drama adu penalti Real Madrid menang 4-1 setelah dua eksekutor penalti Atletico, Thomas Partey dan Saul Niguez, gagal mencetak gol.

Sementara empat eksekutor penalti Madrid: Sergio Ramos, Luka Modric, Rodrygo Goes, dan Dani Carvajal, menjalankan tugasnya dengan baik.

Real Madrid memenangi Piala Super Spanyol dan magis final Zinedine Zidane masih bekerja dengan baik alias tokcer (manjur). Menurut catatan Squawka, Zidane kini telah memenangi tiap laga final ketika melatih Madrid dari periode pertama hingga kedua.

Rinciannya: dua titel Piala Super Spanyol, dua Piala Dunia Antarklub, dua Piala Super Eropa, dan tiga Liga Champions.

Susunan Pemain

Real Madrid (4-3-2-1): Thibaut Courtois; Dani Carvajal, Raphael Varane, Sergio Ramos, Ferland Mendy; Federico Valverde, Casemiro, Toni Kroos (Vinicius 103'); Luka Modric, Isco (Rodrygo 60'); Luka Jovic (Mariano Diaz 83').

Atletico Madrid (4-4-2): Jan Oblak; Renan Lodi (Marcos Llorente 89'), Jose Gimenez (Stefan Savic 98'), Felipe Augusto de Almeida Monteiro, Kieran Trippier; Saul Niguez, Thomas Partey, Hector Herrera (Vitolo 56'), Angel Correa; Joao Felix (Santiago Arias 101'), Alvaro Morata.