BolaSkor.com - Real Madrid kesulitan membuat gol. Pasukan Zinedine Zidane mampu mendominasi, namun gagal menjebol gawang lawan.

"Kami cuma tidak bisa memasukkan bola ke dalam gawang," begitu kata Zidane seperti dilansir Marca.

Pada laga terakhir 2019, Real Madrid tampil lebih baik ketimbang Athletic Bilbao. Karim Benzema dan kawan-kawan mampu melepaskan 20 tembakan, bahkan sebelumnya saat melawan Barcelona bisa melayangkan 17. Akan tetapi semua tembakan yang dilepaskan tidak terkonversi menjadi gol.

Baca Juga:

Ernesto Valverde: Real Madrid Biasanya Menyulitkan di Camp Nou

5 Kejadian Kontroversial Sepanjang Sejarah El Clasico

Total sudah 180 menit Madrid gagal membuat gol. Memang catatan ini masih lebih baik ketika mereka pernah gagal membuat gol dalam 481 menit musim lalu. Namun dua catatan itu membuktikan masalah ini sudah terjadi sejak musim lalu.

Dalam satu dekade terakhir jumlah gol yang dicetak Madrid selalu menurun tiap tahunnya. Pada 2019, Los Blancos hanya bisa mengemas 100 gol, terendah dalam dekade ini. Pun demikian dengan rata-rata gol per laga, yang 2019 hanya mencatat 1,85, sangat jauh jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang selalu di atas 2,3.

Yang menarik, 2019 adalah tahun pertama Real Madrid tidak diperkuat Cristiano Ronaldo. Jelas, perginya Ronaldo adalah kehilangan besar bagi Madrid.

Lebih menarik lagi, penurunan dalam mencetak gol juga dialami Ronaldo. Sepanjang 2019, Ronaldo hanya mampu membuat 25 gol bersama Juventus. Jumlah terendah dalam satu dekade. Pada tahun-tahun sebelumnya Ronaldo selalu bisa mengoleksi lebih dari 40 gol.

Kesimpulan yang bisa diambil dari tren tersebut adalah, Cristiano Ronaldo dan Real Madrid, kehilangan satu sama lain.


No Hazard, No Goal

Untuk soal kemandulan gol karena ditinggal pergi Cristiano Ronaldo tidak ada yang bisa dilakukan Madrid. Namun saat ini ada masalah yang harus segera dicari formulanya oleh Zidane. Yaitu ketergantungan kepada Eden Hazard.

Meski baru musim ini masuk, Hazard sudah memiliki dampak luar biasa bagi Madrid. Tidak heran jika cederanya Hazard merupakan pukulan bagi Los Blancos, khususnya dalam urusan gol tadi.

Real Madrid mampu bermain apik, namun sulit membuat gol. Kesulitan mencetak gol itu semakin terasa saat Madrid tampil tanpa Hazard.

Dalam enam laga terakhir tanpa Hazard, Real Madrid hanya mampu membuat delapan gol. Bandingkan dengan enam laga sebelumnya saat diperkuat Hazard, Madrid mampu mengemas 20 gol.

Hazard sendiri terlibat langsung dalam terciptanya lima gol (satu gol dan empat assist) musim ini. Tentu saja, kontribusi Hazard tidak sebatas pada dua statistik tersebut. Hazard adalah sumber kreativitas dan pencipta peluang bagi Madrid.

Tanpa Hazard, Real Madrid hanya berhasil memetik tiga kemenangan dalam enam laga dengan tiga lainnya berakhir imbang. Artinya, tanpa kehadiran Hazard, persentase kemenangan Madrid hanya 50 persen.