BolaSkor.com - Laga El Clasico, Real Madrid kontra Barcelona akan digelar di Santiago Bernabeu, Kamis (28/2) dini hari WIB nanti. Ini adalah El Clasico edisi Copa del Rey, sebelum mereka akan kembali bertarung di tempat yang sama, tiga hari kemudian di ajang LaLiga.

Untuk dini hari nanti, kedua kubu akan memperebutkan tiket ke final Copa del Rey. Kali ini Real Madrid ada di atas angin, selain karena bermain di kandang sendiri, mereka juga memiliki modal gol tandang di semifinal pertama.

Baca Juga:

Prediksi Real Madrid Vs Barcelona: Menanti Kejelian Valverde dan Solari

Vinicius Junior: Real Madrid Tidak Takut Lionel Messi

Namun, semua itu bukanlah menjadi jaminan. Terlebih ini merupakan laga spesial bagi sang pelatih, Ernesto Valverde.

Bagi Valverde laga nanti akan menjadi laga ke-100 sebagai pelatih Barcelona. Tentu akan sangat spesial jika dia bisa menandai momen ini dengan kemenangan di El Clasico.

Saat ini Valverde sudah mencatat 99 laga bersama Barcelona. Sepanjang periode tersebut 67 laga berakhir dengan kemenangan dan hanya kalah sembilan kali. Artinya dia memiliki rasio kemenangan sebesar 67,7 persen. Di bawah Valverde, Barca sudah mencetak 238 gol atau rata-rata 2,4 gol per pertandingan.

Tidak hanya itu, dalam rentang 99 laga itu juga Valverde sukses membawa Barca memenangi tiga trofi; LaLiga, Copa del Rey, dan Piala Super Spanyol.

Berikut fakta menarik jelang El Clasico lainnya:

1. Ini akan menjadi laga El Clasico ke-240 di semua ajang. Madrid unggul dengan catatan 95 kemenangan, berbanding 93.

2. Kali terakhir Real Madrid vs Barcelona bermain imbang tanpa gol terjadi pada LaLiga di Camp Nou, 23 November 2002.

3. Barcelona maupun Madrid sama-sama mengoleksi 10 kemenangan dalam El Clasico di Copa del Rey.

4. Dari 34 El Clasico yang terjadi di Copa del Rey, tak satupun berakhir dengan skor 0-0.

5. Dari 21 El Clasico terakhir di Santiago Bernabeu di semua kompetisi, Barcelona hanya dua kali gagal membuat gol. Dari 21 laga itu, Barca menang 11 kali dan kalah tujuh.