Real Madrid Vs Barcelona: 5 Fakta Menarik Jelang El Clasico

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 29 Februari 2020
Real Madrid Vs Barcelona: 5 Fakta Menarik Jelang El Clasico
Sergio Ramos dan Lionel Messi (zimbio)

BolaSkor.com - Laga seru bertitel El Clasico akan tersaji di Stadion Santiago Bernabeu, Senin (2/3) dini hari WIB. Pemuncak sementara klasemen LaLiga Barcelona akan tandang ke markas Real Madrid, yang tertinggal dua poin di posisi kedua.

Siapapun yang menang dalam laga El Clasico kali ini akan bertengger di puncak klasemen sementara LaLiga. Situasi yang cukup krusial untuk menghadapi sisa kompetisi.

Baca juga:

Klausul Khusus pada Transfer Philippe Coutinho Bikin Barcelona Kesulitan Rekrut Sadio Mane

Mateu Lahoz, Wasit El Clasico yang 'Tak Ramah' kepada Barcelona

Sergio Ramos Memasuki Usia Senja, Real Madrid Targetkan Virgil van Dijk

Dari segi performa, Barcelona lebih baik karena meraih empat kemenangan beruntun di LaLiga sebelumnya, sementara Madrid tanpa kemenangan di tiga laga terakhir di seluruh kompetisi.

Dari sisi pelatih, ini merupakan El Clasico pertama bagi arsitek Barcelona Quique Setien. Sedangkan Zinedine Zidane sudah delapan kali merasakan El Clasico sebagai pelatih dengan catatan tiga kemenangan, tiga imbang, dan dua kalah.

Berikut 5 fakta menarik lainnya jelang El Clasico Real Madrid versus Barcelona.


1. Hat-trick

Sepanjang El Clasico telah terjadi 28 kali hat-trick. Pemain asal Prancis Jim Carlier merupakan pencetak hat-trick pertama pada 1913 dan Luis Suarez menjadi pemain terakhir pada 2018.

Ada empat pemain yang dua kali mencetak hat-trick di El Clasico: Santiago Bernabeu (Real Madrid), Jaime Lazcano (Real Madrid), Ferenc Puskas (Real Madrid), dan Leo Messi (Barcelona). Pemain Madrid yang terakhir kali mencetak tiga gol ke gawang Barcelona adalah Ivan Zamorano pada 1995.


2. Rekor Sepanjang Masa

Ini merupakan El Clasico ke-277 di semua kompetisi. Barcelona mencatat 115 kemenangan berbanding 99 Madrid (62 berakhir imbang). Di LaLiga, Kedua kubu berbagi 72 kemenangan.


3. Kemenangan Terbesar

Real Madrid mencatat kemenangan kontroversial 11-1 pada semifinal Copa pada 1943, tetap menjadi rekor kemenangan dengan selisih terbesar sepanjang sejarah El Clasico.

Sedangkan kemenangan terbesar Madrid atas Barcelona di LaLiga adalah 8-2 pada 1935. Sedangkan skor kemenangan terbesar Barcelona atas Real Madrid adalah 7-2 pada 1950.


4. Pemain Paling Subur

Untuk gelar pemain yang paling banyak mencetak gol di El Clasico, masih dipegang Lionel Messi. Dengan koleksi 26 gol dari semua kompetisi, rasanya catatan ini akan bertahan cukup lama.

Di kubu Madrid, Alfredo Di Stefano dan Cristiano Ronaldo menjadi yang terbanyak dengan masing-masing 18 gol.


5. Kemenangan Beruntun

Saat di era Pep Guardiola, Barcelona sangat dominan di El Clasico dengan mencatat lima kemenangan beruntun atas Real Madrid antara 2008 hingga 2010.

Sementara itu, Miguel Munoz memimpin Madrid mencatat tujuh kemenangan beruntun antara 1962 dan 1965.

Trivia Sepak Bola LaLiga El clasico
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.962

Bagikan