BolaSkor.com – Perlahan tapi pasti, keangkeran Anoeta tak lagi ampuh untuk Barcelona. Blaugrana menambah kemenangan di markas Real Sociedad itu menjadi dua dari sembilan lawatan terakhir mereka di sana. Barca menang 2-1 atas Sociedad di jornada empat LaLiga dan menjaga rekor 100 persen tidak kalah serta sapu bersih kemenangan.

Pertandingan diawali dengan pemberian penghargaan kepada Imanol Agirretxe, legenda Real Sociedad yang telah bermain selama 13 tahun untuk klub dan pensiun tahun ini pada usia 31 tahun karena cedera tak kunjung sembuh.

Sejak awal laga, Barcelona langsung mengambil alih inisiatif serangan dan mendominasi penguasaan bola (tidak heran). Sociedad hanya sabar menanti momen untuk mencuri bola dan melancarkan serangan balik.

Ketika melakukan serangan balik, Sociedad cenderung mengombinasikannya dengan operan panjang atau operan pendek yang langsung tertuju ke pertahanan Barcelona. Taktik tersebut sejauh ini berjalan dengan baik.

Bahkan di luar dugaan mereka sukses mencuri gol dari Barcelona pada menit 12. Diawali dari tendangan bebas, bola ditanduk oleh Hector Moreno yang sempat terdefleksi Sergi Roberto, bola liar menuju Aritz Elustondo yang langsung melepaskan sepakan first time. Marc Andre ter Stegen tak dapat menepisnya. 1-0 Sociedad unggul.

Barcelona bukan tanpa peluang pasca ketertinggalan tersebut. Hanya saja peluang yang diciptakan Lionel Messi, Luis Suarez, Ousmane Dembele, belum mampu merobek gawang Sociedad yang dijaga kiper Argentina, Geronimo Rulli.

Bantuan dari lini kedua juga sedikit berkurang karena Rafinha lebih banyak beredar di luar kotak penalti Sociedad – jarang melakukan penetrasi. Dalam kondisi ini, fans Barca menyerukan kepada Ernesto Valverde untuk memasukkan Philippe Coutinho.

Sampai babak pertama berakhir tidak ada lagi gol yang tercipta. Sociedad unggul 1-0 atas Barcelona dan coba melanjutkan keangkeran Anoeta untuk Barcelona, yang hanya sekali meraih kemenangan dari delapan laga terakhir mereka di sana.

Di babak kedua, Sociedad benar-benar terlalu banyak menyiakan peluang emas untuk menambah keunggulan dan memanfaatkan momentum yang mereka miliki. Dua serangan balik berujung peluang emas dari Mikel Oyarzabal dan Theo Hernandez, namun tidak ada satupun yang dikonversi menjadi gol.

Kegagalan tersebut pun dibayar mahal dengan gol penyama kedudukan Barca yang dicetak Luis Suarez di menit 63. El Pistolero mencetak gol dari jarak dekat dengan memanfaatkan kemelut di muka gawang Sociedad dari situasi sepak pojok. Barca menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Momentum itu dimanfaatkan baik Blaugrana yang berbalik unggul tiga menit berselang dari gol Suarez. Lagi, dari situasi sepak pojok, Sociedad kesulitan menyapu bola dengan benar dan kali ini, kesalahan Rulli menyapu bola dengan sempurna berujung gol Dembele. Bola hasil sepakannya sempat terdefleksi pemain Sociedad sebelum masuk ke gawang Rulli. 2-1 Barca berbalik unggul.

Pasca keunggulan tersebut, Sociedad mati-matian mencari gol penyama kedudukan. Satu peluang dari Juanmi jelang laga berakhir pun tak mampu merobek gawang Ter Stegen. Sampai tiga menit tambahan waktu berakhir, tidak ada lagi gol yang tercipta. Barca menang dengan skor 2-1 di Anoeta.

Susunan Pemain:

Real Sociedad (4-3-1-2): Geronimo Rulli; Theo Hernandez, Hector Moreno, Aritz Elustondo, Joseba Zaldua; Igor Zubeldia, Ruben Pardo (Luca Sangalli 82’), Asier Illaramendi (Mikel Merino 82’), David Zurutuza (Jon Bautista 73’); Juanmi, Mikel Oyarzabal

Barcelona (4-3-3): Marc Andre ter Stegen; Jordi Alba, Samuel Umtiti, Gerard Pique, Nelson Semedo (Philippe Coutinho 46’); Rafinha (Sergio Busquets 57’), Ivan Rakitic, Sergi Roberto; Ousmane Dembele (Arturo Vidal 77’), Luis Suarez, Lionel Messi